Posted on

10 Alasan Bagi Kita Untuk Melakukan Aktivitas Jalan Kaki

10 Alasan Bagi Kita Untuk Melakukan Aktivitas Jalan Kaki

Mudah dan murah, aktivitas jalan kaki dapat menjadi alternatif pilihan olahraga kita, nih. Ditambah pemandangan suasana sekitar di luar ruang yang mungkin saja dapat menginspirasi dan memancing banyak ilham.

Yuks, simak 10 alasan melakukan aktivitas berjalan kaki pada list di bawah ini:

1. Mengurangi Alergi

Jika teman-teman penderita alergi terutama di bagian pernapasan, seperti suka bersin-bersin, hidung berair, hidung gatal dan mata berair, olah raga bisa menjadi salah satu solusi untuk menguranginya.

Menurut penelitian, aktivitas berjalan kaki atau berlari, walaupun hanya dilakukan 15 menit, dapat mengurangi bersin-bersin, hidung berair, hidung gatal dan hidung tersumbat sampai 70%.

2. Memperbaiki Mood

Aktivitas berjalan kaki dapat memperbaiki suasana hati secara cepat. Dalam studi yang dipublikasikan di The Archives of Internal Medicine, penderita depresi yang melakukan aktivitas berjalan kaki harian menunjukkan perbaikan gejala depresi sama seperti penderita yang sedang dalam perawatan pengobatan.

Antara 60-70% dari orang-orang yang menjadi subjek studi ini, bahkan tidak dikategorikan sebagai penderita depresi lagi.

Nah, apalagi kalau aktivitas jalan kaki dilakukan di luar ruang dengan pemandangan yang indah dan udara yang bersih, tentunya akan lebih bagus lagi efeknya.

3. Menambah Kreativitas

Apakah kamu sedang kehabisan ide? Atau merasa kreativitas menurun? Cobalah berjalan kaki menyusuri area tempat tinggal atau lingkungan perkantoran sekitar.

Studi terbaru dari Frontiers in Neuroscience menemukan aktivitas berjalan kaki dapat memperbaiki cara berpikir yang konvergen dan divergen, di mana kedua cara berpikir ini sangat berhubungan erat dengan kreativitas kita.

4. Mengaktifkan Metabolisme

Aktivitas berjalan kaki dapat berefek pada kardio, sehingga mampu memperlambat dan mengurangi kerusakan tubuh karena sindrom metabolik. Sindrom ini biasanya ditandai dengan meningkatnya tekanan darah/kolesterol, tingginya kadar gula dalam darah dan lemak di sekitar perut.

Kalau bosan, cobalah dengan mengatur irama jalannya, misalnya kombinasi jalan cepat dan jalan lambat secara bergantian.

5. Peluang Hidup Lebih Lama

Penelitian menunjukkan kita dapat menambah peluang hidup sebanyak tujuh tahun jika melakukan kegiatan olahraga setiap hari, terlepas dari berapa pun berat badan kita. Akan lebih baik lagi jika teman-teman yang melakukan aktivitas berjalan kaki dalam suasana hati yang riang.

6. Olahraga Terhemat

Dengan berjalan kaki, teman-teman tidak usah mengeluarkan uang lebih untuk bergabung di klub kesehatan/kebugaran. Tidak perlu juga membeli peralatan olahraga yang mahal untuk di rumah. Hanya sepasang sepatu olahraga yang nyaman dan voila! Anda sudah siap tempur.

7. Nampak Lebih Muda

Para peneliti menemukan aktivitas olahraga yang teratur seperti berjalan kaki dapat menjaga kelangsungan telomere, yaitu susunan komposisi di ujung kromosom DNA kita yang menunda penuaan. Nah, yang mau awet muda, ayo siapkan semangatnya untuk berjalan kaki.

8. Mempermudah Terlelap

Istirahat dengan tidur 8 jam adalah saran yang gampang diingat, namun susah untuk dilaksanakan. Kemauan sih begitu, tapi gimana kalau insomnia menyerang?

Para peneliti menemukan dalam meta-analysis skala besar, pejalan kaki yang rutin melakukan aktivitasnya, akan memiliki jumlah jam tidur yang lebih banyak dan kualitas tidur yang lebih baik.

9. Mengusir Stress

Kita semua tahu stress bisa sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Nah, menurut studi yang dipublikasikan di The American Journal of Cardiology, aktivitas jalan kaki dapat mengurangi hormon stress cortisol, sehingga dapat menghentikan perasaan kuatir berlebihan dari pikiran kita.

10. Penghilang Sakit Bebas Narkoba

Bagi penderita penyakit kronis dan mengalami rasa sakit, cobalah kalahkan rasa sakit itu dengan berjalan kaki. Peneliti menemukan jumlah aktivitas berjalan kaki yang moderat dapat mengurangi rasa sakit pada tubuh. Mungkin saja rasa sakitnya tidak akan hilang total, namun akan membantu meringankan penderitaan yang ada.

Ayo siapkan sepatumu dan pumping semangatmu! Mari hidup sehat dengan berjalan kaki.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *