Posted on

12 Tips ini Akan Membuatmu Lebih Pintar

12 Tips ini Akan Membuatmu Lebih Pintar

Kamu mungkin berpikir kalau kecerdasan itu adalah bawaan lahir yang sudah nggak bisa diubah lagi. Tapi, pendapat itu salah guys! Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan itu ternyata bisa ditingkatkan.

Kepintaran seseorang sangat tergantung pada kondisi lingkungan dan aktivitas yang dilakukan.

Artinya, aktivitas seperti membaca, bersosialisasi, bahkan jalan-jalan dapat meningkatkan kecerdasan kamu.

Ikuti pembahasan berikut yuk!

1. Atur waktu online kamu

Waktu online tidak selamanya harus dihabiskan dengan memeriksa media sosial ataupun berbincang-bincang di WhatsApp atau Line.

Internet itu penuh dengan informasi yang berguna lho. Kamu bisa mengikuti kursus online, seminar online, video-video TED yang menarik atau sekedar membaca informasi umum, seperti sejarah dan ilmu alam.

Mungkin kamu akan berkata “males ahh! Mending gue ngobrol sama teman.”. Tapi percayalah guys kalau malas itu benar-benar sumber kebodohan.

2. Tuliskan apa yang kamu lihat atau baca

Saat kamu online, jalan-jalan di taman ataupun sedang istirahat, mungkin ada hal penting yang harus diingat.

Nah, agar tidak lupa, informasi ini bisa ditulis dalam notebook kecil ataupun di gadget. Tergantung mana yang kamu rasa nyaman.

Tidak harus ditulis semuanya, tapi sedikit banyak, informasi penting yang menarik perhatian kamu itu nantinya dapat kamu baca dan review kembali.

3. Buat “To Do List”

Baik dalam pekerjaan maupun kehidupan, kamu pasti punya berbagai tugas yang harus diselesaikan.

Dengan menuliskannya, akan membuatmu mudah untuk mengingat apa yang harus kamu kerjakan, memperkecil risiko tugas yang terlupakan serta penyelesaian pekerjaan yang lebih cepat.

Bayangkan jika ada hal penting yang lupa kamu kerjakan. Bukankah akan membuat kamu tampak “bodoh”?

4. Buat “Success List”

Tuliskan semua hal yang telah sukses kamu kerjakan.
Contohnya, kamu udah menjadi seorang manager pada umur 25 tahun, mampu beli rumah pada umur 27 tahun, dan sebagainya.

Dengan menuliskannya, kamu dapat melihat kembali pencapaian dalam hidup dan meningkatkan kepercayaan diri.

Lalu apa hubungannya dengan kecerdasan?

Kepercayaan diri dan banyaknya pencapaian hidup akan ber-efek pada sisi psikologis. Kamu dengan sendirinya akan meningkatkan pengetahuan dan wawasan, sehingga pencapaian hidupmu lebih baik lagi.

5. Bermain Scrabble atau TTS

Beberapa permainan seperti TTS, scrabble, catur dan permainan kartu mampu mengasah otak kamu.

Sebenarnya permainan video game juga bisa meningkatkan kinerja otak karena game-game ini akan membuatmu berpikir keras agar bisa menang.

6. Punya teman yang pintar

Kelilingi diri kamu dengan orang-orang yang lebih pintar. Mungkin kamu akan minder karena kalah pintar dengan temanmu. Atau kemungkinan egomu akan berontak karena harga dirimu terluka.

Tapi percayalah guys, bergaul dengan orang-orang yang lebih pintar adalah salah satu metode tercepat untuk belajar. Alasan yang paling mendasar adalah, mereka tahu banyak hal yang kamu tidak tahu.

Eh, tapi bukan berarti kamu hanya boleh berteman dengan yang pintar saja ya. Semua pertemanan itu ada hikmahnya. Lagian berteman itu bukan untuk mencari keuntungan, tapi bersosialisasi lho.

7. Banyak membaca

Kayanya saya nggak perlu jelasin lagi ya guys.

Karena ini bukan hal yang baru. Dari zaman kamu masih di sekolah dasar, kamu juga udah diajarkan oleh para guru untuk selalu membaca supaya pintar.

8. Coba dan pelajari hal-hal baru

Ada satu cerita nih guys. Kabarnya, Steve Jobs, pendiri perusahaan Apple pernah mengikuti kelas kaligrafi. Kursus ini dia ikuti hanya karena dia memiliki banyak waktu luang setelah putus sekolah.

Kursus kaligrafi adalah kelas yang tidak populer, setidaknya di masa Steve Jobs menigikuti kelasnya.

Tapi kemampuan desain yang dipelajari ternyata bisa diterapkan saat dia menghasilkan komputer Mac pertama bertahun-tahun setelahnya.

Jadi, kamu perlu terus mempelajari dan mencoba hal baru. Siapa tahu, apa yang telah kamu coba dan dirasa tak berguna, bisa bermanfaat di masa depan.

9. Pelajari bahasa baru

Kamu tidak perlu menjadi sangat lancar dalam memakai bahasa baru itu. Kamu juga tidak perlu terbang ke luar negeri untuk belajar.

Di era digital ini, belajar bahasa telah menjadi begitu mudahnya. Kamu tinggal buka gadget dan download aplikasi seperti: Livemocha, Busuu atau Memrise.

10. Sediakan waktu tenang

Kita juga perlu memberikan ruang bagi otak untuk memproses apa yang telah dipelajari. Caranya? Sediakan waktu untuk duduk dalam keheningan setiap hari. Pergunakan waktu ini untuk fokus dan berpikir.

Cernalah apa yang telah kamu dapatkan hari ini, terutama hal-hal penting. Dengan adanya moment of silence ini, kamu akan lebih mudah dalam menarik benang merah dari informasi yang didapatkan.

11. Sediakan waktu istirahat

Pernah alami pikiran ngelantur dan tidak bisa konsentrasi? Itu artinya tubuh dan otak kamu sudah lelah. Dan itulah saatnya kamu harus istirahat.

Tidur yang cukup akan menyegarkan otak dan pikiran kita kembali.

12. Jelaskan pada orang lain

Mau buktikan kalau kamu sudah menguasai sesuatu hal yang kamu pelajari? Cobalah jelaskan pada orang lain.

Jika kamu tidak mampu untuk menjelaskannya secara sederhana, itu artinya kamu belum memahaminya dengan baik. Jadi, kamu harus buka dan pelajari kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *