Posted on

5 Macam Pengobatan Rumahan Ini Bisa Untuk Mengatasi Masalah Pada Telinga

5 Macam Pengobatan Rumahan Ini Bisa Untuk Mengatasi Masalah Pada Telinga

Telinga yang bermasalah pastilah sangat mengganggu bukan?

Masalah telinga bisa saja berupa kotoran yang tersumbat dan susah dikeluarkan, rasa gatal dan sakit yang tiba-tiba, kulit kanal telinga seperti terkelupas di dalamnya, dan lain sebagainya.

Nah, kalau masih sangat ringan gejala gangguannya, tidak ada salahnya kita mencoba pengobatan ala rumahan berikut sebagai pertolongan pertama.

Yuk kita ikuti tips berikut ini. Here we go!

1. Cuka Apel

Cuka apel banyak digunakan untuk diaplikasikan ke rambut, kulit bahkan konsumsi langsung untuk membantu sistem imun manusia. Namun nih, teman-teman boleh mencoba beberapa tetes cuka apel untuk membantu mengencerkan kotoran telinga yang menyumbat.

Begitu diteteskan, langsung miringkan kepala dan ditampung dengan kain bersih. Tunggu beberapa saat sebelum membersihkan telinga.

2. Mineral Oil

Pernah merasa nyeri pada dinding telinga? Biasanya hal ini disebabkan oleh kekeringan sehingga kulit di dinding kanal telinga terkelupas. Untuk meredakan rasa nyeri, bisa coba menggunakan mineral oil.

Tapi perlu diperhatikan juga ya guys. Karena bisa saja nyeri ini disebabkan terjadinya infeksi di telinga bagian tengah. Infeksi telinga ini bisa dikarenakan demam, flu, masalah sinus dan batuk.

3. Handuk Hangat

Jika yang terjadi adalah infeksi, biasanya tidak disertai dengan perasaan sakit apabila telinga digoyang-goyangkan dengan menarik daun telinga.

Untuk meredakan infeksi telinga, bisa mencoba untuk kompres dengan handuk hangat.

Menurut Dr. Brandon Hopkins, dari Head and Neck Institute di Klinik The Cleveland, “Kompres dengan handuk hangat atau panas adalah pengobatan rumahan yang paling banyak digunakan,”

Cara ini akan membantu peredaran darah dan menekan rasa sakit yang timbul, tapi pastikan handuknya tidak terlalu panas yah.

Selain itu, Dr. Hopkins juga memperingatkan, “Apabila muncul demam yang tinggi dan tidak kunjung reda walaupun telah mengkonsumsi obat berbahan tylenol atau ibuprofen, berarti tiba saatnya untuk melakukan kunjungan ke dokter, untuk mengetahui sebab masalah telinga.”

4. Permen Xylitol

Permen karet dengan rasa manis ini banyak dijual luas di pasaran. Menurut studi yang dilakukan The National Center for Biotechnology Information pada tahun 2016, mengunyah permen xylitol dapat membantu meredakan infeksi telinga bagian tengah yang akut, dengan catatan pasien tidak mengalami masalah pernapasan.

Permen xylitol ini boleh dikonsumsi oleh anak-anak dengan usia 12 tahun ke atas.

5. Hair Dryer

Selalu gunakan hairdryer untuk mengeringkan telinga setelah melakukan aktivitas berenang. Ini untuk mencegah infeksi telinga yang biasanya dialami perenang aktif.

Nah, fungsi hair dryer di sini supaya telinga tetap kering dan mencegah infeksi jamur yang bisa saja terjadi karena lembab.

Yang perlu diingat, selalu gunakan hair dryer dengan jarak sekitar 15-20 cm dari telinga yah.

 

Hmm..ingat ya teman-teman. Selalu utamakan kesehatan. Seperti saran orang tua dan para ahli, jika sakit berlanjut, jangan ragu untuk mendapat pertolongan dari ahlinya, yaitu dokter spesialis THT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *