7 Macam Minuman Buat Kamu Yang Gak Suka Minum Air Putih

7 Macam Minuman Buat Kamu Yang Gak Suka Minum Air Putih

Guys sudah pada tahu kan ya kalau kita harus banyak minum air putih. Tujuannya supaya tubuh tetap terhidrasi. Tanpa kita sadari, kita bisa saja kekurangan cairan tubuh, apalagi kalau aktivitasnya banyak, menguras keringat, di luar ruangan dan terkena paparan sinar matahari. Makin terpicu keluar cairan tubuh kita lewat sekresi keringat, bukan?

Sudah sedari kecil kita dikasih tahu, sedikitnya kita harus minum sebanyak 8 gelas air dalam sehari. Perlu dicatat oleh teman-teman yah, minuman berkarbonasi ataupun yang mengandung soda tidak masuk hitungan ya guys. Kalau yang disebut tadi, banyak mengandung gula atau pemanis buatan dan perasa buatan, yang malah tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Mimin kasih info yah untuk kamu-kamu yang malas minum air putih, namun maunya tidak kekeringan dan tetap keep fit. Cekidot info di bawah yah:

1. Air kelapa

Air kelapa atau bahasa kerennya coconut water. Dengan sifat dasarnya yang tidak berasa dan tidak berbau, dijamin dahaga teman-teman seketika lenyap apabila mengkonsumsi air kelapa segar. Apalagi ditambah bongkahan es batu, wah segar nian!

2. Campuran porsi ¼ sari buah dengan 4 bagian air putih

Kalau yang ini, tujuannya supaya ada rasa di dalam minuman teman-teman yang mendorong untuk minum lebih banyak lagi. Pastinya segar habis nih kalau dalam keadaan sakit tenggorokan, demam, lidah dan mulut terasa pahit.

Minuman seperti air markisa dan terong belanda yang di dunia barat sana disebut Tamarillo, serta merta dapat menyejukkan radang yang timbul. Tentunya boleh dong, kita menikmati minuman ini dalam keadaan tidak sakit juga.

3. Teh herbal

Untuk teh herbal, lumayan banyak pilihan nih. Seduhan teh ditambah bunga chamomile atau seduhan air bunga chamomile itu sendiri, Teh bunga krisan (chrysanthemum), teh melati (jasmine) dan teh rosella adalah berbagai macam teh herbal yang bisa kita pilih sesuai keinginan. Mata juga dimanjakan oleh tampilan bunga-bunga di gelas minuman kita.

4. Jus sayuran

Kalau biasanya banyak mengkonsumsi jus buah, bolehlah kita mencoba jus sayuran. Timun sebagai sayuran yang banyak mengandung air tidak boleh diremehkan. Tambahkan dengan sedikit selasih, maka minuman kamu serasa minuman kafe.

Atau bisa juga mencoba jus seledri. Tambahkan sedikit cuka dan beri sedikit perasan jeruk nipis untuk mengurangi bau ‘hijau’. Jus seledri mampu menghidrasi tubuh sepanjang hari.

5. Sari air jali dan sari air kacang hijau

Asalkan memperhatikan kandungan gula atau tidak memakai gula sama sekali, manfaat dari sari keluarga kacang-kacangan ini bahkan memberi sumbangan tambahan vitamin E yang banyak kepada tubuh teman-teman. Selain itu, kandungan seratnya juga dapat membantu pencernaan.

6. Susu Berperisa

Yang dimaksud di sini adalah minuman susu yang ditambahkan dengan perisa alami seperti vanila, kayu manis atau kurma. Supaya lebih enak bagi anak-anak, boleh juga mencampurkan susu dengan hasil blenderan stroberi, pisang, mangga atau alpukat.

7. Kombucha

Minuman teh yang dikulturisasi dengan ragi jamur ini juga dapat menjadi pilihan yang menyegarkan. Kombucha merupakan produk minuman tradisional yang telah dinikmati orang-orang Manchuria di abad 220 SM. Kombucha dibuat dari larutan teh hitam dan gula dengan menggunakan mikroba kombucha (Acetobacter xylinum dan beberapa jenis khamir) sebagai bahan fermentasi. Jangka waktu fermentasi nya adalah selama 8-12 hari. Kombucha dengan kandungan anti-oksidan dapat men-detox tubuh, menguatkan pencernaan, mencegah nyeri rematik dan meningkatkan sistem imunitas.

Posted in Kesehatan and tagged , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *