8 Penanda Pada Tubuh Yang Perlu Perhatian Serius Karena Kemungkinan Ini Gejala Penyakit Liver

8 Penanda Pada Tubuh Yang Perlu Perhatian Serius Karena Kemungkinan Ini Gejala Penyakit Liver

Liver atau hati adalah salah satu organ penting manusia dan makhluk vertebrata. Kata Liver berasal dari kata Hepat, ἡπατο- yang berasal dari Yunani. Terletak di atas kanan perut dan di bawah diafragma. Hati berfungsi sebagai pembuang racun dari hasil metabolisme, sebagai pensintesa protein dan memproduksi biokimia yang diperlukan untuk pencernaan. Hati dapat mengatur penyimpanan glikogen, memproduksi albumin dalam sel darah merah, dan pemecah bilirubin.

Hati juga berfungsi untuk memproduksi empedu yang selanjutnya disimpan di kandung empedu. Kantung empedu terletak tepat di bagian bawah hati. Ini menjadikan hati sebagai organ yang bertugas memproduksi kelenjar yang terbesar pada tubuh manusia. Ukuran normal hati seorang manusia berkisar 1.44 ~ 1.66 kg dengan panjang mencapai 15 cm. Dan sekali lagi, berat dan ukuran hati yang besar ini, menjadikannya sebagai organ dalam tubuh yang paling berat yang dimiliki manusia.

Karena fungsinya yang beragam, mari kita cari tahu beberapa penanda pada tubuh. Jika tanda-tanda ini ada, kemungkinan liver kamu harus lebih diperhatikan atau sudah waktunya untuk melakukan kunjungan ke dokter.

1. Jaundice/Penyakit Kuning

Gejala penyakit kuning nampak pada warna tubuh yang kekuningan. Ataupun bola mata yang terlihat kekuningan. Ini dikarenakan menumpuknya bilirubin yang tersimpan di bawah kulit sementara hati berjuang keras melakukan tugasnya.

2. Gatal

Perasaan gatal-gatal yang tidak dapat diatasi dengan konsumsi obat anti alergi. Ini disebabkan tingginya bilirubin dalam kulit dan menurunnya kadar empedu dalam tubuh, yang menyebabkan rasa gatal yang muncul berkala.

3. Urine berwarna gelap

Urine atau air seni berwarna gelap perlu mendapat perhatian lebih. Karena terkadang air seni telah bercampur dengan bilirubin.

4. Pembengkakan pada perut, pergelangan kaki dan telapak kaki

Pembengkakan yang terjadi pada area perut, pergelangan kaki dan telapak kaki dikarenakan liver gagal memproduksi albumin. Albumin diperlukan untuk transportasi hormon tiroid dan asam lemak.

5. Feses berwarna pucat

Feses atau hasil BAB berwarna pucat dikarenakan ketiadaan pigment warna coklat yang disebut Stercobilin. Stercobilin diturunkan dari hasil metabolisme bilirubin yang diproduksi di dalam hati.

6. Selalu merasa lelah

Kelelahan yang menetap adalah suatu tanda tubuh harus mendapatkan perhatian serius. Ini dihubungkan dengan kehilangan nutrisi penting, vitamin dan mineral bagi tubuh

7. Overweight/kegemukan

Lemak yang berkumpul di sekitar organ dapat memberatkan kerja hati dan dapat menuju ke cirrhosis/sirosis hati

8. Bingung atau Pelupa

Jika merasa sering bingung atau gampang lupa, biasanya orang menyalahkan otak. Tanda ini bisa saja berupa kondisi Hepatic Encephalopathy, suatu kondisi di mana hati tidak mampu membuang racun tubuh. Biasanya terjadi pada pasien penyakit hati, sirosis hati dan penderita hepatitis.

Semoga pembaca Soyapop selalu waspada yah. Terutama kalian yang terlahir di antara keluarga yang memiliki riwayat penyakit hati. Atención atención!

Posted in Kesehatan and tagged , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *