8 Tips Terbaik untuk Kenikmatan Teh Anda

8 Tips Terbaik untuk Kenikmatan Teh Anda

Teh adalah minuman yang sangat popular. Bahkan katanya, popularitas teh itu hanya satu level di bawah air. Artinya, setelah air, teh merupakan minuman yang paling banyak dikonsumsi. Jumlah konsumsinya bahkan melebihi total gabungan kopi, minuman ringan dan alkohol.

Saking seringnya kita minum teh, terkadang kita merasa teh hanyalah minuman biasa saja. Cara menyeduh juga tidak terlalu diperhatikan. Padahal, cara menyeduh teh ini sangat menentukan kenikmatan dan kesegaran teh.

Jadi apa saja sih yang perlu diperhatikan dalam menikmati minuman ini? Yuk ikuti tips berikut untuk menambah kenikmatan teh Anda.

1. Beli Daun Teh yang Berkualitas Baik

Elemen paling penting lainnya saat berhubungan dengan secangkir teh yang sempurna tentu saja adalah kualitas teh itu sendiri. Apapun skill yang Anda miliki tapi bahan daun teh yang diseduh berkualitas rendah, maka hasilnya tidak akan baik.

2. Seduh Teh Anda dengan Suhu dan Waktu yang Sesuai.

Di dunia ini terdapat 6 jenis teh dengan temperatur seduh yang berbeda.

  • White tea: 65-70 derajat celcius
  • Yellow tea: 70-75 derajat celcius
  • Green tea: 75-80 derajat celcius
  • Oolong tea: 80-85 derajat celcius
  • Black tea: 85-90 derajat celcius
  • Pu-erh tea: 85-90 derajat celcius.

Sedangkan untuk waktu seduhnya adalah:

  • White tea: 1-2 menit
  • Yellow tea: 1-2 menit
  • Green tea: 1-2 menit
  • Oolong tea: 2-3 menit
  • Black tea: 2-3 menit
  • Pu-erh tea: 3-6 menit.

3. Kontrol Kafein dalam Teh

Waktu seduh juga sangat menentukan jumlah kafein yang terkandung dalam minuman teh. Untuk mngontrolnya, bisa dengan mengurangi masa seduh teh. Sedangkan untuk menguranginya, bisa dengan membuang hasil seduhan singkat pertama kali. Dengan membuang air seduhan pertama kali ini, Anda bisa mengurangi sampai 80% kandungan kafein.

4. Beli Perlengkapan Minum Teh yang Baik

Pada dasarnya Anda tidak memerlukan perlengkapan khusus untuk menikmati secangkir teh. Tapi tidak ada salahnya juga jika Anda memilikinya. Terkadang, sesuatu yang terbuat dari bahan, kualitas serta desain visual yang bagus dapat menambah kenikmatan.

5. Jangan Membuat Teh di Microwave

Salah satu faktor yang menentukan kesempurnaan rasa secangkir teh adalah temperatur air yang tepat. Kita tidak dapat mengontrol temperatur yang dihasilkan gelombang mikro dari microwave. Jadi, cara terbaik adalah tetap menggunakan ketel.

6. Hindari Es yang Mencair pada Teh Anda

Salah satu hal terbaik dari teh adalah Anda dapat menikmatinya sepanjang tahun. Pada musim hujan, Anda bisa menghangatkan badan dengan secangkir teh panas, atau bersantai di musim panas dengan segelas es teh yang segar.

Khusus untuk teh yang diberi es, usahakan agar es yang mencair tidak mengurangi rasa teh Anda. Caranya dengan menggunakan dua kali jumlah teh yang biasanya digunakan sehingga saat es batu mencair, teh Anda tetap nikmat. Atau cara lainnya dengan menggunakan teh yang telah Anda bekukan sebelumnya sebagai es batu.

7. Tips Memakai Kantong Teh

Teh dalam kantong memang lebih praktis dibanding daun teh, tetapi secara rasa, penggunaan kantong akan mengurangi sedikit banyak rasa dan keharuman teh. Teh dalam kantong (tea bag) sebenarnya lebih sesuai buat Anda yang sedang berada di luar rumah atau sedang bepergian karena lebih praktis.

8. Tambahkan Bahan Lain untuk Rasa yang Lebih Unik

Untuk mendapatkan rasa yang beda dengan biasanya, Anda bisa menambahkan beberapa bahan lain kedalam secangkir teh, misalnya daun mint dan lemon.

Demikianlah beberapa tips terbaik untuk kenikmatan teh Anda. Semoga bermanfaat.

Posted in Kesehatan and tagged , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *