Posted on

8 Tips Terbaik untuk Kenikmatan Teh Anda

8 Tips Terbaik untuk Kenikmatan Teh Anda

Teh adalah minuman yang sangat popular. Bahkan katanya, popularitas teh itu hanya satu level di bawah air. Artinya, setelah air, teh merupakan minuman yang paling banyak dikonsumsi. Jumlah konsumsinya bahkan melebihi total gabungan kopi, minuman ringan dan alkohol.

Saking seringnya kita minum teh, terkadang kita merasa teh hanyalah minuman biasa saja. Cara menyeduh juga tidak terlalu diperhatikan. Padahal, cara menyeduh teh ini sangat menentukan kenikmatan dan kesegaran teh.

Jadi apa saja sih yang perlu diperhatikan dalam menikmati minuman ini? Yuk ikuti tips berikut untuk menambah kenikmatan teh Anda.

1. Beli Daun Teh yang Berkualitas Baik

Elemen paling penting lainnya saat berhubungan dengan secangkir teh yang sempurna tentu saja adalah kualitas teh itu sendiri. Apapun skill yang Anda miliki tapi bahan daun teh yang diseduh berkualitas rendah, maka hasilnya tidak akan baik.

2. Seduh Teh Anda dengan Suhu dan Waktu yang Sesuai.

Di dunia ini terdapat 6 jenis teh dengan temperatur seduh yang berbeda.

  • White tea: 65-70 derajat celcius
  • Yellow tea: 70-75 derajat celcius
  • Green tea: 75-80 derajat celcius
  • Oolong tea: 80-85 derajat celcius
  • Black tea: 85-90 derajat celcius
  • Pu-erh tea: 85-90 derajat celcius.

Sedangkan untuk waktu seduhnya adalah:

  • White tea: 1-2 menit
  • Yellow tea: 1-2 menit
  • Green tea: 1-2 menit
  • Oolong tea: 2-3 menit
  • Black tea: 2-3 menit
  • Pu-erh tea: 3-6 menit.

3. Kontrol Kafein dalam Teh

Waktu seduh juga sangat menentukan jumlah kafein yang terkandung dalam minuman teh. Untuk mngontrolnya, bisa dengan mengurangi masa seduh teh. Sedangkan untuk menguranginya, bisa dengan membuang hasil seduhan singkat pertama kali. Dengan membuang air seduhan pertama kali ini, Anda bisa mengurangi sampai 80% kandungan kafein.

4. Beli Perlengkapan Minum Teh yang Baik

Pada dasarnya Anda tidak memerlukan perlengkapan khusus untuk menikmati secangkir teh. Tapi tidak ada salahnya juga jika Anda memilikinya. Terkadang, sesuatu yang terbuat dari bahan, kualitas serta desain visual yang bagus dapat menambah kenikmatan.

8 Tips Terbaik untuk Kenikmatan Teh Anda
Photo by Joanna Kosinska on Unsplash

5. Jangan Membuat Teh di Microwave

Salah satu faktor yang menentukan kesempurnaan rasa secangkir teh adalah temperatur air yang tepat. Kita tidak dapat mengontrol temperatur yang dihasilkan gelombang mikro dari microwave. Jadi, cara terbaik adalah tetap menggunakan ketel.

6. Hindari Es yang Mencair pada Teh Anda

Salah satu hal terbaik dari teh adalah Anda dapat menikmatinya sepanjang tahun. Pada musim hujan, Anda bisa menghangatkan badan dengan secangkir teh panas, atau bersantai di musim panas dengan segelas es teh yang segar.

Khusus untuk teh yang diberi es, usahakan agar es yang mencair tidak mengurangi rasa teh Anda. Caranya dengan menggunakan dua kali jumlah teh yang biasanya digunakan sehingga saat es batu mencair, teh Anda tetap nikmat. Atau cara lainnya dengan menggunakan teh yang telah Anda bekukan sebelumnya sebagai es batu.

7. Tips Memakai Kantong Teh

Teh dalam kantong memang lebih praktis dibanding daun teh, tetapi secara rasa, penggunaan kantong akan mengurangi sedikit banyak rasa dan keharuman teh. Teh dalam kantong (tea bag) sebenarnya lebih sesuai buat Anda yang sedang berada di luar rumah atau sedang bepergian karena lebih praktis.

8. Tambahkan Bahan Lain untuk Rasa yang Lebih Unik

Untuk mendapatkan rasa yang beda dengan biasanya, Anda bisa menambahkan beberapa bahan lain kedalam secangkir teh, misalnya daun mint dan lemon.

Demikianlah beberapa tips terbaik untuk kenikmatan teh Anda. Semoga bermanfaat.

Posted on

7 Macam Minuman Buat Kamu Yang Gak Suka Minum Air Putih

7 Macam Minuman Buat Kamu Yang Gak Suka Minum Air Putih

Guys sudah pada tahu kan ya kalau kita harus banyak minum air putih. Tujuannya supaya tubuh tetap terhidrasi. Tanpa kita sadari, kita bisa saja kekurangan cairan tubuh, apalagi kalau aktivitasnya banyak, menguras keringat, di luar ruangan dan terkena paparan sinar matahari. Makin terpicu keluar cairan tubuh kita lewat sekresi keringat, bukan?

Sudah sedari kecil kita dikasih tahu, sedikitnya kita harus minum sebanyak 8 gelas air dalam sehari. Perlu dicatat oleh teman-teman yah, minuman berkarbonasi ataupun yang mengandung soda tidak masuk hitungan ya guys. Kalau yang disebut tadi, banyak mengandung gula atau pemanis buatan dan perasa buatan, yang malah tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Mimin kasih info yah untuk kamu-kamu yang malas minum air putih, namun maunya tidak kekeringan dan tetap keep fit. Cekidot info di bawah yah:

1. Air kelapa

Air kelapa atau bahasa kerennya coconut water. Dengan sifat dasarnya yang tidak berasa dan tidak berbau, dijamin dahaga teman-teman seketika lenyap apabila mengkonsumsi air kelapa segar. Apalagi ditambah bongkahan es batu, wah segar nian!

2. Campuran porsi ¼ sari buah dengan 4 bagian air putih

Kalau yang ini, tujuannya supaya ada rasa di dalam minuman teman-teman yang mendorong untuk minum lebih banyak lagi. Pastinya segar habis nih kalau dalam keadaan sakit tenggorokan, demam, lidah dan mulut terasa pahit.

Minuman seperti air markisa dan terong belanda yang di dunia barat sana disebut Tamarillo, serta merta dapat menyejukkan radang yang timbul. Tentunya boleh dong, kita menikmati minuman ini dalam keadaan tidak sakit juga.

3. Teh herbal

Untuk teh herbal, lumayan banyak pilihan nih. Seduhan teh ditambah bunga chamomile atau seduhan air bunga chamomile itu sendiri, Teh bunga krisan (chrysanthemum), teh melati (jasmine) dan teh rosella adalah berbagai macam teh herbal yang bisa kita pilih sesuai keinginan. Mata juga dimanjakan oleh tampilan bunga-bunga di gelas minuman kita.

4. Jus sayuran

Kalau biasanya banyak mengkonsumsi jus buah, bolehlah kita mencoba jus sayuran. Timun sebagai sayuran yang banyak mengandung air tidak boleh diremehkan. Tambahkan dengan sedikit selasih, maka minuman kamu serasa minuman kafe.

Atau bisa juga mencoba jus seledri. Tambahkan sedikit cuka dan beri sedikit perasan jeruk nipis untuk mengurangi bau ‘hijau’. Jus seledri mampu menghidrasi tubuh sepanjang hari.

5. Sari air jali dan sari air kacang hijau

Asalkan memperhatikan kandungan gula atau tidak memakai gula sama sekali, manfaat dari sari keluarga kacang-kacangan ini bahkan memberi sumbangan tambahan vitamin E yang banyak kepada tubuh teman-teman. Selain itu, kandungan seratnya juga dapat membantu pencernaan.

6. Susu Berperisa

Yang dimaksud di sini adalah minuman susu yang ditambahkan dengan perisa alami seperti vanila, kayu manis atau kurma. Supaya lebih enak bagi anak-anak, boleh juga mencampurkan susu dengan hasil blenderan stroberi, pisang, mangga atau alpukat.

7. Kombucha

Minuman teh yang dikulturisasi dengan ragi jamur ini juga dapat menjadi pilihan yang menyegarkan. Kombucha merupakan produk minuman tradisional yang telah dinikmati orang-orang Manchuria di abad 220 SM. Kombucha dibuat dari larutan teh hitam dan gula dengan menggunakan mikroba kombucha (Acetobacter xylinum dan beberapa jenis khamir) sebagai bahan fermentasi. Jangka waktu fermentasi nya adalah selama 8-12 hari. Kombucha dengan kandungan anti-oksidan dapat men-detox tubuh, menguatkan pencernaan, mencegah nyeri rematik dan meningkatkan sistem imunitas.

Posted on

2 Manfaat ini Membuat Green Tea Makin Diburu Pecinta Wellness

2 Manfaat ini Membuat Green Tea Makin Diburu Pecinta Wellness

Pelopor Zen Buddhism Jepang, Eisai, membawa kultur menyeduh teh dari Tiongkok ke Jepang antara tahun 1187 dan 1191. Sampai sekarang, Jepang mengadopsi budaya minum teh tersebut dan terkenal di seantero dunia dengan produksi berbagai varian teh hijau atau green tea nya.

Untuk konsumsi, bagian daun dan pucuk/tunas yang lazim digunakan. Bersumber dari tanaman dengan nama latin Camellia Sinensis, varian the berdasarkan lokasi penanaman, iklim setempat, metode panen, waktu panen, sampai ke proses oksidasi dalam produksinya.

Dikenal sebagai minuman sehat, Green Tea/Teh Hijau bermanfaat sebagai anti peradangan, anti bakteria, salah satu bahan anti oksidan dan penangkal radikal bebas, karena kandungan polyphenolsnya. Selain dikonsumsi, beragam pengaplikasian topikal kian dipakai luas dalam bidang kesehatan dan kecantikan kulit, yang lazim disebut dermatologi.

Konsumsi Green Tea dapat manfaat fisiologis, berikut:

  • Metabolisme glukosa, menurunkan kadar gula darah
  • Mengurangi risiko kanker paru, kanker usus, kanker payudara, kanker indung telur dan kanker prostat
  • Mengurangi risiko gangguan pembuluh jantung dan serangan jantung, karena penyerapan kolesterol jahat
  • Stimulasi neurotransmitter dalam otak, sehingga kadar stres dan kadar kecemasan dapat dikurangi
  • Penyedia energi karena kandungan kafein nya, dapat meningkatkan kewaspadaan

Manfaat Dermatologi Green Tea:

  • Mengurangi Pembengkakan Mata, karena kandungan kafein dan anti radang yang terkandung di dalamnya
  • Penunda Tanda-tanda penuaan dini; seperti kerutan halus, bercak hitam di kulit
  • Penumpas Jerawat, karena kandungan Catechin sebagai antibakteria dan kandungan alaminya sebagai pengurang kelebihan minyak di kulit
  • Stimulasi Pertumbuhan Rambut
  • Sebagai Pembasmi sel kanker kulit, berkat kandungan Epigallocatechin Gallate, yang dapat memperbaiki DBA, sebagai penangkal radikal bebas dan meningkatkan imunitas tubuh, melanoma dan penyakit bisul dapat dikurangi keganasannya.
Posted on

Pengenalan Diri Melalui Interpretasi Mimpi Anda Menurut Pandangan Psikiater

Pengenalan Diri Melalui Interpretasi Mimpi Anda Menurut Pandangan Psikiater

Kita semua pernah bermimpi dalam tidur. Kegiatan tidur yang dilakukan manusia dapat membantu fungsi otak untuk menyimpan jutaan informasi dan emosi yang diakumulasi sewaktu sadar setiap hari. Selagi tidur, otak memilah dan membuang informasi yang tidak diperlukan ke area khusus. Para peneliti berspekulasi bahwa mimpi-lah yang bertindak sebagai ‘tool’ dalam kegiatan memilah informasi ini.

Mimpi terjadi sewaktu kita memasuki tahapan Rapid Eye Movement (REM) yang terjadi menjelang fase bangun tidur. Juga dapat terjadi pada tahapan lain, yaitu di tahap awalan tidur/Slow Wave Sleep. Kebanyakan mimpi yang dilaporkan dalam studi, terjadi pada tahapan REM ini.

Dengan mengenyampingkan arti mimpi menurut kebanyakan masyarakat dari belahan dunia Timur, terdapat interpretasi dari macam-macam mimpi menurut pandangan psikiater dari belahan dunia Barat. Menurut psikiater, mimpi dapat membantu kita mengenali diri kita sendiri dan dengan pengenalan diri tersebut, kita diharapkan dapat memperbaiki kekurangan yang ada pada diri kita.

Yuk cari tahu arti mimpi di bawah ini menurut pandangan psikiater yang mungkin saja dapat membantu teman-teman menjadi insan yang lebih baik lagi:

1. Tentang Kesehatan

Kehadiran sebuah mobil dalam mimpi Anda sebenarnya berhubungan dengan kesehatan Anda. Dalam kenyataannya, mobil adalah kendaraan yang dapat membantu perpindahan raga kita dari tempat yang satu ke tempat yang lain.

Ingat-ingat penampilan mobil di dalam mimpi Anda. Apakah sudah usang, masih baru atau dalam keadaan rusak? Apakah sedang parkir di sebuah tempat yang aman? Tempat parkir mengisyaratkan tempat untuk mengistirahatkan mobil Anda. Jadi artinya, Anda memerlukan waktu untuk relaksasi.

Jika bermimpi sedang mengendarai mobil, artinya Anda sedang dalam kontrol penuh atas diri Anda sendiri. Jika mimpi sedang mengendarai mobil, namun tidak terkontrol, ya berarti sebaliknya, Anda sedang dalam keadaan tidak dapat mengendalikan diri Anda.

2. Tentang Prioritas Perhatian

Bermimpi sedang berkegiatan di suatu tempat, lalu secara cepat berpindah ke tempat lain dan melakukan kegiatan yang sangat berbeda dari tempat yang pertama. Ini bisa dikaitkan dengan prioritas perhatian yang perlu diselesaikan. Coba kembali diingat-ingat, kegiatan apa saja yang belum selesai dan memerlukan perhatian lebih sebelum mengalami mimpi tersebut.

3. Tentang Keadaan Pikiran

Bermimpi spesifik tentang lingkungan dapat diinterpretasikan sebagai pemusatan pikiran tentang tempat tersebut. Mimpi tentang tempat kerja, berarti pikiran kita sedang pada tempat kerja tersebut. Bermimpi tentang sekolah, berarti pikiran kita sedang memfokuskan pada pelajaran hidup yang ingin dan akan dipetik. Bermimpi tentang rumah masa kecil, dapat diinterpretasikan sebagai jalan pikiran kita yang nyaman, sudah usang atau sudah kadaluarsa.

4. Tentang Imajinasi dan Kreativitas

Mimpi terkadang dapat bersumber dari imajinasi yang belum terselesaikan dan berbuah pada kreativitas. Seperti penulis novel terkenal bernama Mary Shelley yang mendapatkan karakter ‘Frankenstein’ dalam mimpi-nya sewaktu berlibur.

5. Tentang Pengontrolan Kebiasaan

Dalam mimpi, kebiasaan kita disimbolkan dalam bentuk binatang. Ini dikarenakan, sifat binatang yang punya insting dan memiliki kebiasaaan tertentu. Bisa saja kebiasaan kita ada yang bersifat adiktif -dan dilakukan teratur dan berulang-ulang, yang apabila tidak dilakukan, akan dianggap salah oleh pikiran bawah sadar kita. Bermimpi binatang yang mengejar kita? Berarti kita sedang menghindar dari kebiasaan tertentu. Coba diingat-ingat, apakah karena malam sebelumnya kita melupakan ritual gosok gigi yang biasanya dilakoni setiap malam? Atau kemarin malam melewati jalur pulang menuju rumah yang tidak seperti biasanya?

6. Tentang Cara Berekspresi

Pakaian melambangkan ekspresi personal. Bermimpi berpakaian kerja berarti Anda siap untuk terjun ke bisnis. Bermimpi berpakaian seperti seorang yogi , berarti Anda sedang dalam keadaan relaks. Bermimpi telanjang, berarti Anda sedang menunjukkan jati diri asli Anda. Jika bermimpi sedang berusaha menutupi diri Anda yang sedang telanjang, berarti Anda sedang dalam keadaan rentan dan mudah merasa terkecam.

7.Tentang Perubahan Diri

Bermimpi tentang seseorang yang meninggal dalam mimpi kita, artinya ada bagian dari kita yang sedang berubah. Kematian adalah tahapan kejadian yang baru. Artinya, apakah perubahan dalam kehidupan kita di waktu sekarang ini dirasa perlu atau bahkan harus dilakukan untuk menuju arah yang lebih baik?

8. Tentang Hubungan Dengan Diri Sendiri
Kehadiran sosok gender yang berbeda memberi pandangan tentang keterlibatan bagian dari kita sendiri. Sosok yang sama gender-nya dengan kita mewakili pikiran kita sewaktu sadar. Sosok yang berlawanan gender dengan kita, mewakili pikiran bawah sadar dan bagian dalam diri kita.

Bermimpi sedang berbicara dengan seseorang di telepon, artinya terdapat komunikasi sehat dengan diri sendiri. Jika terdapat perasaan dekat, berarti kita terhubung dengan diri sendiri dan siap untuk menghasilkan sesuatu.

Jika bermimpi sedang berselisih dengan orang tak dikenal, berarti kita harus refleksi diri. Apakah ada konflik yang sedang ingin dihindari?

Kesimpulannya, setiap mengalami mimpi, kita sedang mulai terhubung dengan bagian dari diri kita sendiri. Dengan rekaman informasi yang dikumpulkan dalam 24-48 jam sebelum kegiatan tidur dilakukan, semua insan yang akan mengalami mimpi, akan terus belajar untuk mengerti diri sendiri berikut dengan mimpi-mimpinya!

 

Posted on

Yuk, Kenali Jenis Makanan Dari Luar Negeri Untuk Inspirasi Menu Berbuka Puasa

Yuk, Kenali Jenis Makanan Dari Luar Negeri Untuk Inspirasi Menu Berbuka Puasa

Iftar (atau Fatoor) (Arabic:إفطار‎‎ʾifṭār ) adalah istilah masyarakat muslim dunia untuk berbuka puasa. Dengan rentang waktu puasa beragam, yang mencapai 8-15 jam sehari, pilihan makanan untuk mengembalikan stamina tubuh berbeda-beda tergantung latar belakang suatu tempat, budaya dan pelbagai pilihan rasa.

Mulai berbukalah dengan jenis makanan yang ringan dan jangan makan terlalu berlebihan. Setelah berkegiatan sebentar, kita boleh kembali mengkonsumsi jenis makanan yang bernutrisi.

Yuk, ketahui makanan favorit dari luar negri untuk berbuka puasa:

1. Kurma

Buah kurma yang bentuknya kecil ini penuh dengan nutrisi dan ideal untuk konsumsi saat berpuasa. Kurma merah atau kurma hitam, the choice is yours. Boleh kurma yang masih segar, kurma yang dikeringkan atau disantap dengan cara dikombinasikan dengan kacang-kacangan.

Kurma

 

2. Buah-buahan Yang Banyak Mengandung Air

Jenis buah yang banyak mengandung air seperti semangka dan melon, boleh dikonsumsi langsung maupun dijadikan juice. Di Asia Selatan, terdapat menu ‘Fruit Chaat’, sejenis salad buah berempah, banyak dikonsumsi untuk menu berbuka puasa.

Semangka

 

3. Minuman Sirup Falooda

Di Asia Selatan banyak ditemukan Falooda, yang terbuat dari rooh afza, konsentrasi sirup mawar non alkohol yang dicampur dengan air es.

Falooda

 

4. Makanan Bercita Rasa Asin

Jenis makanan dengan cita asin dan digoreng juga menjadi pilihan berbuka. Dengan menu seperti Samosa, gorengan pastri dengan isian sayur berempah dan pilihan daging ayam atau daging sapi. Juga terdapat spring rolls/lumpia, dengan isian beragam macam sayuran dan terkadang dikombinasikan juga dengan daging ayam atau daging sapi.

Samosa

 

5. Hummus

Hummus dikonsumsi luas di Timur Tengah. Berbentuk pasta dan terbuat dari gilingan buncis yang dicampur dengan biji wijen, minyak zaitun, lemon dan bawang putih. Campuran ini kemudian dioleskan ke atas roti gandum dan terkadang ditambahkan remukan chip tortilla. Hummus bebas kolesterol dan lemak saturasi, lho.

Hummus

 

6. Flatbread

Flatbread atau roti tipis renyah memiliki banyak varian. Bisa berupa pita khas Timur Tengah, roti dan paratha dari India, roti naan dari Pakistan dan roti canai dari Malaysia.

Roti Naan

 

7. Makanan Jenis Gorengan

Makanan yang digoreng dengan minyak banyak atau sering disebut deep-fried juga populer untuk berbuka puasa. Terdapat pisang goreng dari Indonesia dan pakoras, berupa potongan sayur atau daging yang dilumuri tepung berbumbu dan digoreng dari wilayah sebagian India dan Asia Selatan.

Gorengan Sayur-sayuran

 

8. Tabbouleh

Tabbouleh adalah sejenis salad khas Arab yang terdiri dari cracked wheat/gandum pecah dengan irisan sayuran seperti parsley, tomat dan bawang bombay.

Tabbouleh

 

9. Sup Harira

Sup harira yang dimasak dengan api kecil ini adalah makanan khas di bulan Ramadhan dari Moroko. Mudah dibuat dan terdiri dari kombinasi beragam sayur-sayuran, daging dan gandum yang penuh dengan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh.

Sup Harira

 

10. Sawine

Dengan cita rasa manis, agak sulit menggambarkan sawine. Cara konsumsinya dengan diminum walau bukan tergolong dalam jenis minuman, namun bukan juga termasuk ke dalam jenis bubur karena mengandung bihun. Berasal dari Trinidad dan Tobago, bahan-bahan untuk membuat Sawine adalah susu, gula, bihun, kacang almond, kayu manis dan raisin/kismis.

Sawine - Image credit: Huffpost

 

Posted on

12 Tips ini Akan Membuatmu Lebih Pintar

12 Tips ini Akan Membuatmu Lebih Pintar

Kamu mungkin berpikir kalau kecerdasan itu adalah bawaan lahir yang sudah nggak bisa diubah lagi. Tapi, pendapat itu salah guys! Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan itu ternyata bisa ditingkatkan.

Kepintaran seseorang sangat tergantung pada kondisi lingkungan dan aktivitas yang dilakukan.

Artinya, aktivitas seperti membaca, bersosialisasi, bahkan jalan-jalan dapat meningkatkan kecerdasan kamu.

Ikuti pembahasan berikut yuk!

1. Atur waktu online kamu

Waktu online tidak selamanya harus dihabiskan dengan memeriksa media sosial ataupun berbincang-bincang di WhatsApp atau Line.

Internet itu penuh dengan informasi yang berguna lho. Kamu bisa mengikuti kursus online, seminar online, video-video TED yang menarik atau sekedar membaca informasi umum, seperti sejarah dan ilmu alam.

Mungkin kamu akan berkata “males ahh! Mending gue ngobrol sama teman.”. Tapi percayalah guys kalau malas itu benar-benar sumber kebodohan.

2. Tuliskan apa yang kamu lihat atau baca

Saat kamu online, jalan-jalan di taman ataupun sedang istirahat, mungkin ada hal penting yang harus diingat.

Nah, agar tidak lupa, informasi ini bisa ditulis dalam notebook kecil ataupun di gadget. Tergantung mana yang kamu rasa nyaman.

Tidak harus ditulis semuanya, tapi sedikit banyak, informasi penting yang menarik perhatian kamu itu nantinya dapat kamu baca dan review kembali.

3. Buat “To Do List”

Baik dalam pekerjaan maupun kehidupan, kamu pasti punya berbagai tugas yang harus diselesaikan.

Dengan menuliskannya, akan membuatmu mudah untuk mengingat apa yang harus kamu kerjakan, memperkecil risiko tugas yang terlupakan serta penyelesaian pekerjaan yang lebih cepat.

Bayangkan jika ada hal penting yang lupa kamu kerjakan. Bukankah akan membuat kamu tampak “bodoh”?

4. Buat “Success List”

Tuliskan semua hal yang telah sukses kamu kerjakan.
Contohnya, kamu udah menjadi seorang manager pada umur 25 tahun, mampu beli rumah pada umur 27 tahun, dan sebagainya.

Dengan menuliskannya, kamu dapat melihat kembali pencapaian dalam hidup dan meningkatkan kepercayaan diri.

Lalu apa hubungannya dengan kecerdasan?

Kepercayaan diri dan banyaknya pencapaian hidup akan ber-efek pada sisi psikologis. Kamu dengan sendirinya akan meningkatkan pengetahuan dan wawasan, sehingga pencapaian hidupmu lebih baik lagi.

5. Bermain Scrabble atau TTS

Beberapa permainan seperti TTS, scrabble, catur dan permainan kartu mampu mengasah otak kamu.

Sebenarnya permainan video game juga bisa meningkatkan kinerja otak karena game-game ini akan membuatmu berpikir keras agar bisa menang.

6. Punya teman yang pintar

Kelilingi diri kamu dengan orang-orang yang lebih pintar. Mungkin kamu akan minder karena kalah pintar dengan temanmu. Atau kemungkinan egomu akan berontak karena harga dirimu terluka.

Tapi percayalah guys, bergaul dengan orang-orang yang lebih pintar adalah salah satu metode tercepat untuk belajar. Alasan yang paling mendasar adalah, mereka tahu banyak hal yang kamu tidak tahu.

Eh, tapi bukan berarti kamu hanya boleh berteman dengan yang pintar saja ya. Semua pertemanan itu ada hikmahnya. Lagian berteman itu bukan untuk mencari keuntungan, tapi bersosialisasi lho.

7. Banyak membaca

Kayanya saya nggak perlu jelasin lagi ya guys.

Karena ini bukan hal yang baru. Dari zaman kamu masih di sekolah dasar, kamu juga udah diajarkan oleh para guru untuk selalu membaca supaya pintar.

8. Coba dan pelajari hal-hal baru

Ada satu cerita nih guys. Kabarnya, Steve Jobs, pendiri perusahaan Apple pernah mengikuti kelas kaligrafi. Kursus ini dia ikuti hanya karena dia memiliki banyak waktu luang setelah putus sekolah.

Kursus kaligrafi adalah kelas yang tidak populer, setidaknya di masa Steve Jobs menigikuti kelasnya.

Tapi kemampuan desain yang dipelajari ternyata bisa diterapkan saat dia menghasilkan komputer Mac pertama bertahun-tahun setelahnya.

Jadi, kamu perlu terus mempelajari dan mencoba hal baru. Siapa tahu, apa yang telah kamu coba dan dirasa tak berguna, bisa bermanfaat di masa depan.

9. Pelajari bahasa baru

Kamu tidak perlu menjadi sangat lancar dalam memakai bahasa baru itu. Kamu juga tidak perlu terbang ke luar negeri untuk belajar.

Di era digital ini, belajar bahasa telah menjadi begitu mudahnya. Kamu tinggal buka gadget dan download aplikasi seperti: Livemocha, Busuu atau Memrise.

10. Sediakan waktu tenang

Kita juga perlu memberikan ruang bagi otak untuk memproses apa yang telah dipelajari. Caranya? Sediakan waktu untuk duduk dalam keheningan setiap hari. Pergunakan waktu ini untuk fokus dan berpikir.

Cernalah apa yang telah kamu dapatkan hari ini, terutama hal-hal penting. Dengan adanya moment of silence ini, kamu akan lebih mudah dalam menarik benang merah dari informasi yang didapatkan.

11. Sediakan waktu istirahat

Pernah alami pikiran ngelantur dan tidak bisa konsentrasi? Itu artinya tubuh dan otak kamu sudah lelah. Dan itulah saatnya kamu harus istirahat.

Tidur yang cukup akan menyegarkan otak dan pikiran kita kembali.

12. Jelaskan pada orang lain

Mau buktikan kalau kamu sudah menguasai sesuatu hal yang kamu pelajari? Cobalah jelaskan pada orang lain.

Jika kamu tidak mampu untuk menjelaskannya secara sederhana, itu artinya kamu belum memahaminya dengan baik. Jadi, kamu harus buka dan pelajari kembali.

Posted on

Hanya dengan Minum Air Putih di Pagi Hari, 8 Manfaat ini Pasti Kamu Dapatkan

Hanya dengan Minum Air Putih di Pagi Hari, 8 Manfaat ini Pasti Kamu Dapatkan

Wanita Jepang terkenal dengan sosok mereka yang langsing dan kulit yang kencang. Selain faktor genetika, ritual mereka di pagi hari juga berperan besar terhadap tubuh mereka.

Tidak seperti di Amerika dan negara-negara Barat lainnya, orang Jepang tidak banyak menderita gangguan seperti obesitas dan diabetes.

Ritual yang dijalani sebenarnya sangat sederhana, yaitu kebiasaan untuk minum air putih saat baru bangun tidur. Kebiasaan ini bahkan menjadi budaya sehari-hari orang-orang Jepang.

Hal ini dipercaya dapat membantu pencegahan berbagai penyakit serta bisa membantu penyembuhan sejumlah kelainan tubuh.

Ikuti terus yuk, agar kita bisa belajar satu atau dua hal dari gaya hidup sehat mereka!

Mengapa Minum Air Begitu Penting?

70% tubuh manusia itu terdiri dari air. Oleh karena itu, air menjadi penting agar tubuh tetap segar dan dapat berfungsi dengan baik.

Bila kebutuhan air di tubuh tidak terpenuhi, maka berbagai efek buruk bagi kesehatan akan muncul, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Dehidrasi dapat menyebabkan rheumatoid arthritis, migrain, angina, kolitis, dispepsia, hipertensi, obesitas, wasir, kanker payudara, tuberkulosis paru, batu ginjal, sinusitis, dan kanker rahim!

Jadi, bantu tubuhmu untuk mencegah penyakit-penyakit ini dengan minum air setelah bangun untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari.

Bagaimana Caranya?

Seperti yang disebutan sebelumnya, metode ini sangat mudah, hanya saja, bagi sebagian orang, kemungkinan tidak bisa langsung lakukan sepenuhnya, tapi bertahap.

  • Setelah bangun tidur, sebelum menyikat gigi dan dengan perut kosong, segera minum sekitar 160 ml air, sebanyak empat kali.
  • Air yang dimaksud hanyalah air putih.
  • Jangan makan apapun selama 45 menit berikutnya.
  • Minumlah air paling sedikit 30 menit sebelum makan, tapi jangan minum air selama dua jam setelah sarapan, makan siang maupun makan malam.
  • Jika kamu tidak bisa minum empat gelas air saat perut kosong, maka kamu bisa melakukannya secara bertahap. Mulailah dengan satu gelas terlebih dahulu atau sebanyak yang kamu bisa, lalu tingkatkan secara bertahap hingga mencapai 640 ml.

Kapan Hasilnya Mulai Kelihatan?

  • Bagi penderita sembelit dan Gastritis, mulai terlihat setelah 10 hari
  • Bagi penderita diabetes atau tekanan darah tinggi, mulai terlihat setelah 30 hari
  • Bagi penderita tuberculosis, mulai terlihat setelah 90 hari.

Apa Saja Manfaat Utama Minum Air Saat Perut Kosong?

1. Membantu menghilangkan racun tubuh

Minum air yang banyak bisa membantu dalam peningkatan produksi sel otot dan sel darah baru.

Pada malam hari, tubuh kita akan memperbaiki diri dan mengeluarkan semua racun dalam tubuh. Air yang diminum saat perut kosong di pagi hari, akan membersihkan racun berbahaya ini sehingga membuat tubuh segar dan sehat.

2. Meningkatkan Metabolisme

Minum air putih saat perut kosong bisa meningkatkan metabolisme setidaknya 24%. Hal ini sangat penting bagi kamu yang sedang melakukan diet ketat.

Peningkatan metabolisme akan membuat sistem pencernaan menjadi lebih baik sehingga diet kamu juga lebih efektif.

Minum air segera di pagi hari juga dapat membantu membersihkan usus besar, sehingga lebih mudah menyerap nutrisi.

3. Mengurangi Asam Lambung dan Gangguan Pencernaan

Penyakit asam lambung disebabkan naiknya asam yang berasal dari lambung ke kerongkongan. Penyakit ini juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

Dengan minum air putih saat perut kosong, asam ini akan ditekan dan diencerkan sehingga gejalanya akan berkurang. Selain itu, perawatan ini juga menjadi pembuka bagi perut untuk sarapan.

4. Mencegah Batu Ginjal dan Infeksi Kandung Kemih

Karena minum air di saat perut kosong dapat mengencerkan asam dan mengeluarkan racun, maka penyakit batu ginjal dan infeksi kandung kemih juga dapat dicegah.

5. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Minum air putih saat perut kosong dapat membantu menyiram dan menyeimbangkan sistem limfatik sehingga imunitas tubuh meningkat dan kamu pun aman dari berbagai penyakit.

6. Cara yang Sehat dalam Menurunkan Berat Badan

Perawatan dengan minum air putih di pagi hari ini akan membuang semua racun serta memperbaiki sistem pencernaan.

Kamu akan merasa kurang lapar dan hasrat untuk makan juga ikut berkurang. Hal ini tentunya akan mencegah kenaikan berat badan akibat makan berlebih.

7. Memperbaiki Tekstur Kulit Serta Membuat Kulit Bersinar

Dehidrasi dapat menyebabkan keriput.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan minum air sebanyak 500 ml pada saat perut kosong akan meningkatkan aliran darah di kulit dan membuat kulit bersinar.

Selain itu, dengan minum air sepanjang hari, tentunya juga membantu mengeluarkan racun, sehingga kulit Anda menjadi lebih bercahaya.

8. Membuat Rambut Jadi Sehat, Lembut dan Bersinar

Air dapat memberikan nutrisi pada rambut dari dalam, karena air merupakan elemen yang membentuk hampir ¼ dari berat helai rambut. Asupan air yang tidak cukup bisa menyebabkan rambut rapuh dan tipis.

Dengan minum air putih saat perut kosong, kamu bisa memperbaiki kualitas rambut secara maksimal.

 

Air putih yang sederhana ternyata bisa menjadi obat yang sangat bagus untuk mencegah berbagai penyakit. Kamu pun tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Yang paling penting adalah kemauan dalam mengubah gaya hidup ke arah positif.

Dicoba yuk guys!

Posted on

10 Cara Alami Terbaik Agar Tetap Awet Muda

10 Cara Alami Terbaik Agar Tetap Awet Muda

Semua manusia bertambah tua seiring bertambahnya usia. Ini hal yang pasti. Tapi untungnya kita bisa memperlambat proses penuaan.

Cara pertama adalah cara instan dengan menyuntikkan Botox ataupun bedah plastik. Cara ini sebenarnya tidak dianjurkan karena sudah pasti mahal dan ada efek sampingnya.

Cara kedua adalah cara alami yang lebih sehat tapi sangat efektif untuk memperlambat penuaan dan membuat kamu awet muda. Cara inilah yang dianjurkan.

Berikut 10 tips alami yang mampu membuat kamu awet muda. Ikuti yuk.

1. Atur dan Kurangi Stress

Beberapa cara yang dapat mengurangi stress adalah: mendengarkan musik, ngobrol dengan teman, meditasi dan wisata.

10 Cara Alami Terbaik Agar Tetap Awet Muda

 

2. Berpikiran Positif

Pikiran positif dapat mencegah emosi, menurunkan kecemasan dan memperlambat penuaan jaringan tubuh. Caranya: Buang pikiran jahat, berbuat kebaikan dan kelilingi dirimu dengan orang-orang berpikiran positif.

10 Cara Alami Terbaik Agar Tetap Awet Muda

 

3. Olah Raga

Tidak harus olah raga berat. Olah raga ringan seperti jogging, skipping, aerobik serta menari dapat meningkatkan kinerja peredaran darah dan mengencangkan otot sehingga membuat kamu tampil lebih segar!

10 Cara Alami Terbaik Agar Tetap Awet Muda

 

4. Yoga

Beda dengan olah raga biasa yang kebanyakan mengandalkan fisik, Yoga merupakan olah raga yang melibatkan pikiran dan tubuh. Yoga dapat membuat tubuhmu lebih berenergi, memperbaiki postur tubuh, meningkatkan fleksibilitas tubuh, memperbaiki mood dan menurunkan stress.

10 Cara Alami Terbaik Agar Tetap Awet Muda

 

5. Asah Otak dan Pikiran

Dengan menstimulasi otak dengan kegiatan seperti membaca, bekerja, atau kegiatan yang sesuai hobi, akan mengasah otak kita untuk tetap berpikir sehingga tetap cemerlang. Selain itu, kegiatan ini juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer.

10 Cara Alami Terbaik Agar Tetap Awet Muda

 

6. Cukup Tidur

Tidur merupakan cara kita mengistirahatkan tubuh. Pada saat tidur inilah, berbagai sel dan jaringan tubuh yang rusak mengalami perbaikan dan pembaharuan. Termasuk perbaikan jaringan kulit.

10 Cara Alami Terbaik Agar Tetap Awet Muda

 

7. Konsumsi Omega-3

Makanan yang mengandung asam lemak Omega-3 banyak terdapat pada ikan kembung, salmon dan kacang-kacangan.

Baca lebih lanjut: Mau Tahu Ikan Apa yang Memiliki Kandungan Omega-3 Tertinggi? Ternyata Bukan Ikan Salmon!

10 Cara Alami Terbaik Agar Tetap Awet Muda

 

8. Konsumsi Super Fruit!

Buah-buahan yang termasuk superfruit diantaranya adalah: acai berry, apel, alpukat, pisang, manggis, kurma Cina/angco dan goji berry/kici.

10 Cara Alami Terbaik Agar Tetap Awet Muda

 

9. Minum Teh Hijau atau Green Tea

Teh hijau memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi, membantu pembuangan racun dalam tubuh, menurunkan kolesterol dan mencegah alzheimer.

10 Cara Alami Terbaik Agar Tetap Awet Muda

 

10. Tertawa!

Tertawa dapat membantu mengencangkan jaringan kulit wajah. Selain itu, secara psikologis, tertawa juga membantu memperbaiki suasana hati. Jadi tertawalah sebelum tertawa itu dilarang.

10 Cara Alami Terbaik Agar Tetap Awet Muda

Stay young, stay healthy!

Posted on

Mau Tahu Cara Mudah Agar Tubuh Tetap Sehat? Minum Golden Milk!

Mau Tahu Cara Mudah Agar Tubuh Tetap Sehat? Minum Golden Milk!

Di Indonesia, kunyit kebanyakan digunakan sebagai salah satu bahan untuk memasak. Kunyit akhir-akhir ini menjadi minuman yang sedang populer di belahan dunia barat sana. Nama kerennya Golden Milk. Manfaat golden milk dipercaya dapat membantu meredakan peradangan, mendukung kadar kolesterol sehat dan membantu percepatan pemulihan tubuh dari sakit.

Kunyit termasuk dalam jenis keluarga tanaman curcuma atau kurkuma. Kunyit telah lama digunakan oleh bangsa India dalam acara keagamaan dan upacara pernikahan, juga dalam pengobatan ayurvedic.

Pengobatan dengan kunyit terutama digunakan untuk yang mengalami masalah pencernaan, flu biasa, infeksi tenggorokan, masalah hati dan pengobatan luka ringan.

Manfaat kunyit lainnya adalah untuk merendahkan tekanan darah, menjaga kadar kolesterol sehat, memperbaiki masalah kulit, meningkatkan daya tahan tubuh dan mengatur sistem metabolisme tubuh.

Penggunaan kunyit yang dikombinasikan dengan lada hitam, selain meningkatkan rasanya di lidah, juga dapat meningkatkan dan mempercepat absorpsi/penyerapan kunyit ke dalam pembuluh darah, karena lada hitam memiliki kandungan piperine.

Cara membuat minuman susu kunyit/golden milk ini bisa dari kunyit segar maupun yang sudah berbentuk bubuk. Simak caranya di bawah ini, yah:

Susu Kunyit Segar:

Campurkan 1 gelas susu favorit Anda (boleh susu yang terbuat dari beras, susu soya/susu kedelai, susu almond atau susu bebas lemak) dengan 1/2 sendok teh kunyit parut, 1/4 sendok teh kayu manis dan secubit lada hitam halus.

Jerang di atas api dan tunggulah sampai 1-2 menit. Matikan api, lalu disaring. Tunggu sampai panasnya reda, dan golden milk hangat kamu bisa langsung dinikmati.

Susu Kunyit Bubuk:

Takaran ini dibuat untuk disimpan dan dijadikan minuman sewaktu-waktu.

Campur rata 1 gelas kunyit bubuk, 1/2 gelas bubuk kayu manis dan 2 sendok teh lada hitam halus ke dalam kotak kontainer.

Untuk membuat minuman, masukkan campuran diatas sebanyak 1 sendok makan ke dalam 1 gelas susu panas. kamu juga boleh menambahkan jahe atau madu untuk memperkaya rasa.

Nah, pembuatan golden milk sangat gampang bukan? Silakan dicoba ya guys.

Tapi perlu diingat, pengonsumsian susu kunyit harus dikonsultasikan ke dokter apabila kamu sedang hamil, sedang mengalami sakit berkepanjangan atau sedang dalam pengawasan dokter, yah.

Posted on

10 Alasan Bagi Kita Untuk Melakukan Aktivitas Jalan Kaki

10 Alasan Bagi Kita Untuk Melakukan Aktivitas Jalan Kaki

Mudah dan murah, aktivitas jalan kaki dapat menjadi alternatif pilihan olahraga kita, nih. Ditambah pemandangan suasana sekitar di luar ruang yang mungkin saja dapat menginspirasi dan memancing banyak ilham.

Yuks, simak 10 alasan melakukan aktivitas berjalan kaki pada list di bawah ini:

1. Mengurangi Alergi

Jika teman-teman penderita alergi terutama di bagian pernapasan, seperti suka bersin-bersin, hidung berair, hidung gatal dan mata berair, olah raga bisa menjadi salah satu solusi untuk menguranginya.

Menurut penelitian, aktivitas berjalan kaki atau berlari, walaupun hanya dilakukan 15 menit, dapat mengurangi bersin-bersin, hidung berair, hidung gatal dan hidung tersumbat sampai 70%.

2. Memperbaiki Mood

Aktivitas berjalan kaki dapat memperbaiki suasana hati secara cepat. Dalam studi yang dipublikasikan di The Archives of Internal Medicine, penderita depresi yang melakukan aktivitas berjalan kaki harian menunjukkan perbaikan gejala depresi sama seperti penderita yang sedang dalam perawatan pengobatan.

Antara 60-70% dari orang-orang yang menjadi subjek studi ini, bahkan tidak dikategorikan sebagai penderita depresi lagi.

Nah, apalagi kalau aktivitas jalan kaki dilakukan di luar ruang dengan pemandangan yang indah dan udara yang bersih, tentunya akan lebih bagus lagi efeknya.

3. Menambah Kreativitas

Apakah kamu sedang kehabisan ide? Atau merasa kreativitas menurun? Cobalah berjalan kaki menyusuri area tempat tinggal atau lingkungan perkantoran sekitar.

Studi terbaru dari Frontiers in Neuroscience menemukan aktivitas berjalan kaki dapat memperbaiki cara berpikir yang konvergen dan divergen, di mana kedua cara berpikir ini sangat berhubungan erat dengan kreativitas kita.

4. Mengaktifkan Metabolisme

Aktivitas berjalan kaki dapat berefek pada kardio, sehingga mampu memperlambat dan mengurangi kerusakan tubuh karena sindrom metabolik. Sindrom ini biasanya ditandai dengan meningkatnya tekanan darah/kolesterol, tingginya kadar gula dalam darah dan lemak di sekitar perut.

Kalau bosan, cobalah dengan mengatur irama jalannya, misalnya kombinasi jalan cepat dan jalan lambat secara bergantian.

5. Peluang Hidup Lebih Lama

Penelitian menunjukkan kita dapat menambah peluang hidup sebanyak tujuh tahun jika melakukan kegiatan olahraga setiap hari, terlepas dari berapa pun berat badan kita. Akan lebih baik lagi jika teman-teman yang melakukan aktivitas berjalan kaki dalam suasana hati yang riang.

6. Olahraga Terhemat

Dengan berjalan kaki, teman-teman tidak usah mengeluarkan uang lebih untuk bergabung di klub kesehatan/kebugaran. Tidak perlu juga membeli peralatan olahraga yang mahal untuk di rumah. Hanya sepasang sepatu olahraga yang nyaman dan voila! Anda sudah siap tempur.

7. Nampak Lebih Muda

Para peneliti menemukan aktivitas olahraga yang teratur seperti berjalan kaki dapat menjaga kelangsungan telomere, yaitu susunan komposisi di ujung kromosom DNA kita yang menunda penuaan. Nah, yang mau awet muda, ayo siapkan semangatnya untuk berjalan kaki.

8. Mempermudah Terlelap

Istirahat dengan tidur 8 jam adalah saran yang gampang diingat, namun susah untuk dilaksanakan. Kemauan sih begitu, tapi gimana kalau insomnia menyerang?

Para peneliti menemukan dalam meta-analysis skala besar, pejalan kaki yang rutin melakukan aktivitasnya, akan memiliki jumlah jam tidur yang lebih banyak dan kualitas tidur yang lebih baik.

9. Mengusir Stress

Kita semua tahu stress bisa sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Nah, menurut studi yang dipublikasikan di The American Journal of Cardiology, aktivitas jalan kaki dapat mengurangi hormon stress cortisol, sehingga dapat menghentikan perasaan kuatir berlebihan dari pikiran kita.

10. Penghilang Sakit Bebas Narkoba

Bagi penderita penyakit kronis dan mengalami rasa sakit, cobalah kalahkan rasa sakit itu dengan berjalan kaki. Peneliti menemukan jumlah aktivitas berjalan kaki yang moderat dapat mengurangi rasa sakit pada tubuh. Mungkin saja rasa sakitnya tidak akan hilang total, namun akan membantu meringankan penderitaan yang ada.

Ayo siapkan sepatumu dan pumping semangatmu! Mari hidup sehat dengan berjalan kaki.

 

Posted on

Catat 10 Jenis Makanan Yang Bagus Untuk Kesehatan Organ Intim Wanita

Catat 10 Jenis Makanan Yang Bagus Untuk Kesehatan Organ Intim Wanita

Kamu adalah apa yang kamu makan, kalimat ini sering kita dengar dari frasa bahasa Inggrisnya, “You are what you eat.” Frasa ini aslinya ditulis oleh penulis berkebangsaan Perancis yang bernama Anthelme Brillat-Savarin dalam bukunya yang berjudul: Physiologie du Gout, ou Meditations de Gastronomie Transcendante, pada tahun 1826.

Di dalam buku tersebut terdapat kalimat yang berbunyi seperti ini, “Dis-moi ce que tu manges, je te dirai ce que tu es.” [Tell me what you eat and I will tell you what you are]. Yang artinya yaitu beritahu saya apa yang kamu makan dan akan saya beritahu Anda siapakah Anda.

Namun publik baru menyadari dan mulai mengenal luas frasa tersebut sejak tahun 1942 karena seorang ahli nutrisi Amerika yang bernama Dr. Victor Hugo Lindlahr. Dr. Lindlahr mempublikasikan bukunya yang berjudul “You Are What You Eat: how to win and keep health with diet.” Publikasinya termasuk diterima audiensi luas berkat sesi tanya jawab di saluran radio pada tahun 1936 sampai 1953, dan menjadikannya sebagai pelopor gerakan penurunan berat badan dan makanan sehat di Amerika.

Berkembang sampai sekarang, dengan semakin baiknya tingkat pendidikan dan kemapanan ekonomi, masyarakat urban khususnya wanita metropolis dan wanita karir tidak luput menaruh perhatian lebih pada jenis makanan yang akan dikonsumsinya.

Kalau bisa berfungsi ganda untuk menjaga kesehatan organ intim wanitanya selain rasa kenyang yang didapat, why not? Nah, mari kita tandain jenis makanan apa saja yang baik untuk kesehatan organ intim wanita. Deretannya di bawah ini yah.

1. Alpukat

Badan kita memerlukan lemak sehat untuk berfungsi sempurna. lemak monounsaturated/lemak tak jenuh tunggal, yang terdapat pada alpukat dapat membantu tubuh dalam memproduksi salah satu hormon seks, yaitu hormon estrogen. Jika kadar hormon estrogen berada di titik rendah, vagina/organ intim akan terasa kering dari pada biasanya. So, girls tidak usah kuatir yah. Lemak dari alpukat itu lemak sehat dan dibutuhkan tubuh, lho.

2. Telur

Telur dikenal sebagai sumber vitamin D yang tinggi. kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko wanita untuk terkena infeksi bakteri pada vagina. Daripada berminggu-minggu menelan suplemen vitamin D untuk melawan infeksi bakteri, mari kita tambahkan telur pada menu makanan seimbang kita.

3. Kale

Sayuran berwarna hijau tua ini kaya akan kandungan kalsium dan magnesium. Kedua kandungan mineral tersebut sangatlah diperlukan untuk memperkuat dinding otot vagina dan memperkuat fungsinya.

4. Gandum

Konsumsilah makanan berbahan dasar gandum seperti jali, popcorn dan roti gandum yang kaya akan prebiotik. Kandungan serat sehatnya dapat membantu perkembangan bakteria baik dalam tubuh.

5. Teh

Gantilah kebiasaan mengkonsumsi minuman manis atau alkohol dengan sajian teh. Teh di sini adalah teh tanpa gula. Boleh teh dengan beragam jenisnya, teh hijau, teh hitam dan teh putih, maupun seduhan teh herbal yang ditambahkan bunga krisan, bunga rosella, dan bunga melati.

Minuman manis dan alkohol memiliki kadar gula yang tinggi yang merupakan makanan utama bagi jamur dan bakteri yang terdapat pada tubuh. Menurut dokter Katherina Thurer, ahli kebidanan dan penyakit wanita pada Raby Institute, bagian Integrative Medicine di Northwestern, Chicago, “Saya menerima pasien yang mengeluhkan infeksi bakteri setelah kegiatan berlibur yang melibatkan gaya hidup pengonsumsian minuman beralkohol dan minuman manis.” Nah, jadi tahu deh kita.

6. Kimchi

Sawi putih yang difermentasi, makanan khas dari Korea yang bernama kimchi ini kaya akan bakteria sehat yang diperlukan oleh tubuh. Konsumsi kimchi yang moderat akan dapat membantu tubuh menjaga populasi bakteria sehat pada tubuh.

7. Salmon

Lemak ikan terkenal dengan kandungan omega-3. Menurut Staci Small, RD, pemilik The Wellness Philosophy dari Indianapolis, “Lemak esensial terbukti dapat memperbaiki kekeringan vagina yang terjadi pada wanita yang mengalami menopause.” Jadi, kalau bisa, konsumsilah ikan salmon dua kali seminggu untuk mendapatkan manfaatnya.

8. Yogurt

Menurut Dr. Thurer, yogurt yang kaya akan probiotik, dapat membantu populasi bakteria baik yang hidup di vagina. Pilihlah yogurt tanpa rasa/plain yogurt dan tambahkan topping buah segar yang sehat.

9. Stroberi

Stroberi kaya akan vitamin C. Bahkan nih, dengar-dengar lebih besar kandungan vitamin C nya dari pada jeruk. Vitamin C diperlukan kelenjar adrenal, yag memproduksi kedua hormon sekaligus, hormon seks dan hormon kortisol.

Dr. Small menambahkan, vitamin C juga memainkan peranan penting dalam sintesa kolagen, yang diperlukan untuk elastisitas/kelenturan otat dan jaringan otot kita. Ini termasuk semua otot di tubuh kita, dan tidak terkecuali otot vagina.

10. Air Putih

Konsumsi air putih yang cukup membantu tubuh untuk mengurangi asupan manis lainnya. Jika dirasa membosankan, tambahkan irisan lemon, mentimun dan jeruk nipis untuk membantu cita rasa air. Let’s try, girls!

Posted on

8 Tips Ini Dapat Melindungi Kamu dari Efek Radiasi Sinar Ultraviolet atau Sinar UV Matahari

8 Tips Ini Dapat Melindungi Kamu dari Efek Radiasi Sinar Ultraviolet atau Sinar UV Matahari

Radiasi sinar Ultraviolet (UV) diketahui sebagai penyebab utama dari penuaan dini, penyakit kanker kulit dan kerusakan penglihatan, seperti katarak.

Mari lindungi diri kita dari sinar UV untuk kesehatan kulit dan mata, karena kesehatan tubuh adalah investasi terbesar kita di masa depan.

Yuk ikuti tips-tips berikut.

1. Berpakaian Dengan Tepat

Jika aktivitas teman-teman kebanyakan outdoor, jangan lupa berpakaianlah dengan tepat. Pakailah baju berlengan panjang disertai dengan celana berkaki panjang.

Biar lebih efektif, bisa coba lakukan tes singkat berikut. Masukkan tangan di bawah lapisan kain pakaian yang akan dipakai, lalu diterawang di bawah sinar matahari. Jika tangan kamu masih terlihat jelas, berarti bahan kainnya masih kurang dapat memproteksi kita dari paparan sinar UV.

Jika aktivitas teman berupa olah raga di luar ruangan, kini tersedia beragam pakaian olahraga yang telah memiliki fitur proteksi dari sinar UV. Ingat untuk memeriksa label pakaian yang menyertainya, yah.

2. Pakailah Kacamata Anti Sinar UV

Kacamata anti radiasi sinar UV penting untuk dikenakan pecinta outdoor untuk melindungi kesehatan mata. Risiko untuk kesehatan mata di antaranya adalah risiko terkena penyakit katarak, kanker mata dan kelainan mata di kemudian hari.

Kerusakan pada mata biasanya tidak langsung dialami dan tidak langsung terdeteksi. Setelah sekian lama atau sekian tahun, baru diketahui efeknya.

Pastikan kacamata yang dipakai memiliki kemampuan menangkal sinar UV-A dan UV-B. Pilihlah kacamata yang memiliki label berdaya absorpsi lebih dari 400nm atau yang ada tulisan “ANSI UV Requirement”.

Kacamata jenis ini berdaya tangkal 99% sampai 100% sinar UV. Kalau kacamata hitam biasanya yang dipakai untuk bergaya, paling tinggi pun, hanya berdaya tangkal 70%, biasanya malah dibawah itu.

3. Pakai Pelindung Kepala

Untuk menghindari paparan sinar matahari langsung, pakailah payung atau topi bertepi lebar. Saran ini dapat membantu teman-teman untuk menangkal sebanyak 50% dari paparan sinar UV.

4. Pakai Krim Tabir Surya

Krim tabir surya/sunblock yang adekuat juga diperlukan bagi pecinta outdoor atau atlit luar ruang, agar dapat terhindar dari penyakir kanker kulit.

Pilihlah yang sedikitnya berlabel SPF-15. Makin tinggi angkanya makin bagus untuk ketahanan dan daya tangkal terhadap sinar UV. Selain itu, pemakaian sunblock juga bisa mengurangi kemungkinan kulit terbakar/sun burn.

Aplikasikan di area wajah, leher, lengan dan kaki yang tidak tertutup pakaian. Ulangi pemakaian tiap dua jam. Krim tabir surya yang anti air hanya dapat melindungi kita selama 40~80 menit jika kamu berkeringat banyak atau dipakai berenang. Agar maksimal, ulangi lagi pemakaian setelahnya agar tetap terlindungi.

5. Hindari Jam Puncak Sinar UV

Sinar UV memiliki jam puncaknya. Hindari rentang waktu di antara jam 10 pagi sampai jam 4 sore.

Cara lain untuk memdeteksi jam puncaknya adalah melihat pada bayangan kita sendiri. Jika bayangan kita pendek atau hampir tidak terlihat, berarti sudah saatnya menghindari paparan sinar UV.

Bayangan yang pendek mengindikasikan sinar matahari yang berada hampir di atas kepala kita, saat di mana risiko paparan tertinggi berada.

6. Perhatikan Faktor Luar Lingkungan

Air dan pasir memiliki faktor reflektif/memantulkan sinar, termasuk sinar UV tentunya. Selain air dan pasir, ternyata salju juga dapat memantulkan sinar UV.

Ketinggian suatu tempat juga berpengaruh pada peluang terkena paparan sinar UV yang lebih tinggi. Untuk setiap penambahan ketinggian 300 meter, akan ada kenaikan kadar radiasi sinar UV sebanyak 4%.

7. Gunakan Kaca Film Anti sinar UV

Karena jenis sinar UV-A dengan gampangnya menembus material berbahan kaca, maka disarankan penggunaan kaca film anti sinar UV. Walaupun indoor, paparan sinar UV masih berkisar 10-20%.

Aplikasi kaca film anti sinar UV pada kaca jendela rumah dan kendaraan ini dapat menghadang radiasi sinar ultraviolet sebesar 99.9%.

8. Hindari Sumber Radiasi Palsu

Sumber Radiasi “Palsu” sama berbahayanya dengan radiasi langsung dari sinar UV.

Radiasi palsu ini biasanya bersumber dari fasilitas kegiatan tanning/berjemur yang dilakukan di salon-salon kecantikan untuk mendapatkan warna kulit yang lebih gelap.

Ranjang dan lampu sinarnya diketahui dapat menyebabkan kerusakan kulit dan meningkatkan risiko terkena penyakit kanker.