Posted on

Catat 10 Jenis Makanan Yang Bagus Untuk Kesehatan Organ Intim Wanita

Catat 10 Jenis Makanan Yang Bagus Untuk Kesehatan Organ Intim Wanita

Kamu adalah apa yang kamu makan, kalimat ini sering kita dengar dari frasa bahasa Inggrisnya, “You are what you eat.” Frasa ini aslinya ditulis oleh penulis berkebangsaan Perancis yang bernama Anthelme Brillat-Savarin dalam bukunya yang berjudul: Physiologie du Gout, ou Meditations de Gastronomie Transcendante, pada tahun 1826.

Di dalam buku tersebut terdapat kalimat yang berbunyi seperti ini, “Dis-moi ce que tu manges, je te dirai ce que tu es.” [Tell me what you eat and I will tell you what you are]. Yang artinya yaitu beritahu saya apa yang kamu makan dan akan saya beritahu Anda siapakah Anda.

Namun publik baru menyadari dan mulai mengenal luas frasa tersebut sejak tahun 1942 karena seorang ahli nutrisi Amerika yang bernama Dr. Victor Hugo Lindlahr. Dr. Lindlahr mempublikasikan bukunya yang berjudul “You Are What You Eat: how to win and keep health with diet.” Publikasinya termasuk diterima audiensi luas berkat sesi tanya jawab di saluran radio pada tahun 1936 sampai 1953, dan menjadikannya sebagai pelopor gerakan penurunan berat badan dan makanan sehat di Amerika.

Berkembang sampai sekarang, dengan semakin baiknya tingkat pendidikan dan kemapanan ekonomi, masyarakat urban khususnya wanita metropolis dan wanita karir tidak luput menaruh perhatian lebih pada jenis makanan yang akan dikonsumsinya.

Kalau bisa berfungsi ganda untuk menjaga kesehatan organ intim wanitanya selain rasa kenyang yang didapat, why not? Nah, mari kita tandain jenis makanan apa saja yang baik untuk kesehatan organ intim wanita. Deretannya di bawah ini yah.

1. Alpukat

Badan kita memerlukan lemak sehat untuk berfungsi sempurna. lemak monounsaturated/lemak tak jenuh tunggal, yang terdapat pada alpukat dapat membantu tubuh dalam memproduksi salah satu hormon seks, yaitu hormon estrogen. Jika kadar hormon estrogen berada di titik rendah, vagina/organ intim akan terasa kering dari pada biasanya. So, girls tidak usah kuatir yah. Lemak dari alpukat itu lemak sehat dan dibutuhkan tubuh, lho.

2. Telur

Telur dikenal sebagai sumber vitamin D yang tinggi. kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko wanita untuk terkena infeksi bakteri pada vagina. Daripada berminggu-minggu menelan suplemen vitamin D untuk melawan infeksi bakteri, mari kita tambahkan telur pada menu makanan seimbang kita.

3. Kale

Sayuran berwarna hijau tua ini kaya akan kandungan kalsium dan magnesium. Kedua kandungan mineral tersebut sangatlah diperlukan untuk memperkuat dinding otot vagina dan memperkuat fungsinya.

4. Gandum

Konsumsilah makanan berbahan dasar gandum seperti jali, popcorn dan roti gandum yang kaya akan prebiotik. Kandungan serat sehatnya dapat membantu perkembangan bakteria baik dalam tubuh.

5. Teh

Gantilah kebiasaan mengkonsumsi minuman manis atau alkohol dengan sajian teh. Teh di sini adalah teh tanpa gula. Boleh teh dengan beragam jenisnya, teh hijau, teh hitam dan teh putih, maupun seduhan teh herbal yang ditambahkan bunga krisan, bunga rosella, dan bunga melati.

Minuman manis dan alkohol memiliki kadar gula yang tinggi yang merupakan makanan utama bagi jamur dan bakteri yang terdapat pada tubuh. Menurut dokter Katherina Thurer, ahli kebidanan dan penyakit wanita pada Raby Institute, bagian Integrative Medicine di Northwestern, Chicago, “Saya menerima pasien yang mengeluhkan infeksi bakteri setelah kegiatan berlibur yang melibatkan gaya hidup pengonsumsian minuman beralkohol dan minuman manis.” Nah, jadi tahu deh kita.

6. Kimchi

Sawi putih yang difermentasi, makanan khas dari Korea yang bernama kimchi ini kaya akan bakteria sehat yang diperlukan oleh tubuh. Konsumsi kimchi yang moderat akan dapat membantu tubuh menjaga populasi bakteria sehat pada tubuh.

7. Salmon

Lemak ikan terkenal dengan kandungan omega-3. Menurut Staci Small, RD, pemilik The Wellness Philosophy dari Indianapolis, “Lemak esensial terbukti dapat memperbaiki kekeringan vagina yang terjadi pada wanita yang mengalami menopause.” Jadi, kalau bisa, konsumsilah ikan salmon dua kali seminggu untuk mendapatkan manfaatnya.

8. Yogurt

Menurut Dr. Thurer, yogurt yang kaya akan probiotik, dapat membantu populasi bakteria baik yang hidup di vagina. Pilihlah yogurt tanpa rasa/plain yogurt dan tambahkan topping buah segar yang sehat.

9. Stroberi

Stroberi kaya akan vitamin C. Bahkan nih, dengar-dengar lebih besar kandungan vitamin C nya dari pada jeruk. Vitamin C diperlukan kelenjar adrenal, yag memproduksi kedua hormon sekaligus, hormon seks dan hormon kortisol.

Dr. Small menambahkan, vitamin C juga memainkan peranan penting dalam sintesa kolagen, yang diperlukan untuk elastisitas/kelenturan otat dan jaringan otot kita. Ini termasuk semua otot di tubuh kita, dan tidak terkecuali otot vagina.

10. Air Putih

Konsumsi air putih yang cukup membantu tubuh untuk mengurangi asupan manis lainnya. Jika dirasa membosankan, tambahkan irisan lemon, mentimun dan jeruk nipis untuk membantu cita rasa air. Let’s try, girls!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *