Posted on

Hanya dengan Minum Air Putih di Pagi Hari, 8 Manfaat ini Pasti Kamu Dapatkan

Hanya dengan Minum Air Putih di Pagi Hari, 8 Manfaat ini Pasti Kamu Dapatkan

Wanita Jepang terkenal dengan sosok mereka yang langsing dan kulit yang kencang. Selain faktor genetika, ritual mereka di pagi hari juga berperan besar terhadap tubuh mereka.

Tidak seperti di Amerika dan negara-negara Barat lainnya, orang Jepang tidak banyak menderita gangguan seperti obesitas dan diabetes.

Ritual yang dijalani sebenarnya sangat sederhana, yaitu kebiasaan untuk minum air putih saat baru bangun tidur. Kebiasaan ini bahkan menjadi budaya sehari-hari orang-orang Jepang.

Hal ini dipercaya dapat membantu pencegahan berbagai penyakit serta bisa membantu penyembuhan sejumlah kelainan tubuh.

Ikuti terus yuk, agar kita bisa belajar satu atau dua hal dari gaya hidup sehat mereka!

Mengapa Minum Air Begitu Penting?

70% tubuh manusia itu terdiri dari air. Oleh karena itu, air menjadi penting agar tubuh tetap segar dan dapat berfungsi dengan baik.

Bila kebutuhan air di tubuh tidak terpenuhi, maka berbagai efek buruk bagi kesehatan akan muncul, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Dehidrasi dapat menyebabkan rheumatoid arthritis, migrain, angina, kolitis, dispepsia, hipertensi, obesitas, wasir, kanker payudara, tuberkulosis paru, batu ginjal, sinusitis, dan kanker rahim!

Jadi, bantu tubuhmu untuk mencegah penyakit-penyakit ini dengan minum air setelah bangun untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari.

Bagaimana Caranya?

Seperti yang disebutan sebelumnya, metode ini sangat mudah, hanya saja, bagi sebagian orang, kemungkinan tidak bisa langsung lakukan sepenuhnya, tapi bertahap.

  • Setelah bangun tidur, sebelum menyikat gigi dan dengan perut kosong, segera minum sekitar 160 ml air, sebanyak empat kali.
  • Air yang dimaksud hanyalah air putih.
  • Jangan makan apapun selama 45 menit berikutnya.
  • Minumlah air paling sedikit 30 menit sebelum makan, tapi jangan minum air selama dua jam setelah sarapan, makan siang maupun makan malam.
  • Jika kamu tidak bisa minum empat gelas air saat perut kosong, maka kamu bisa melakukannya secara bertahap. Mulailah dengan satu gelas terlebih dahulu atau sebanyak yang kamu bisa, lalu tingkatkan secara bertahap hingga mencapai 640 ml.

Kapan Hasilnya Mulai Kelihatan?

  • Bagi penderita sembelit dan Gastritis, mulai terlihat setelah 10 hari
  • Bagi penderita diabetes atau tekanan darah tinggi, mulai terlihat setelah 30 hari
  • Bagi penderita tuberculosis, mulai terlihat setelah 90 hari.

Apa Saja Manfaat Utama Minum Air Saat Perut Kosong?

1. Membantu menghilangkan racun tubuh

Minum air yang banyak bisa membantu dalam peningkatan produksi sel otot dan sel darah baru.

Pada malam hari, tubuh kita akan memperbaiki diri dan mengeluarkan semua racun dalam tubuh. Air yang diminum saat perut kosong di pagi hari, akan membersihkan racun berbahaya ini sehingga membuat tubuh segar dan sehat.

2. Meningkatkan Metabolisme

Minum air putih saat perut kosong bisa meningkatkan metabolisme setidaknya 24%. Hal ini sangat penting bagi kamu yang sedang melakukan diet ketat.

Peningkatan metabolisme akan membuat sistem pencernaan menjadi lebih baik sehingga diet kamu juga lebih efektif.

Minum air segera di pagi hari juga dapat membantu membersihkan usus besar, sehingga lebih mudah menyerap nutrisi.

3. Mengurangi Asam Lambung dan Gangguan Pencernaan

Penyakit asam lambung disebabkan naiknya asam yang berasal dari lambung ke kerongkongan. Penyakit ini juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

Dengan minum air putih saat perut kosong, asam ini akan ditekan dan diencerkan sehingga gejalanya akan berkurang. Selain itu, perawatan ini juga menjadi pembuka bagi perut untuk sarapan.

4. Mencegah Batu Ginjal dan Infeksi Kandung Kemih

Karena minum air di saat perut kosong dapat mengencerkan asam dan mengeluarkan racun, maka penyakit batu ginjal dan infeksi kandung kemih juga dapat dicegah.

5. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Minum air putih saat perut kosong dapat membantu menyiram dan menyeimbangkan sistem limfatik sehingga imunitas tubuh meningkat dan kamu pun aman dari berbagai penyakit.

6. Cara yang Sehat dalam Menurunkan Berat Badan

Perawatan dengan minum air putih di pagi hari ini akan membuang semua racun serta memperbaiki sistem pencernaan.

Kamu akan merasa kurang lapar dan hasrat untuk makan juga ikut berkurang. Hal ini tentunya akan mencegah kenaikan berat badan akibat makan berlebih.

7. Memperbaiki Tekstur Kulit Serta Membuat Kulit Bersinar

Dehidrasi dapat menyebabkan keriput.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan minum air sebanyak 500 ml pada saat perut kosong akan meningkatkan aliran darah di kulit dan membuat kulit bersinar.

Selain itu, dengan minum air sepanjang hari, tentunya juga membantu mengeluarkan racun, sehingga kulit Anda menjadi lebih bercahaya.

8. Membuat Rambut Jadi Sehat, Lembut dan Bersinar

Air dapat memberikan nutrisi pada rambut dari dalam, karena air merupakan elemen yang membentuk hampir ¼ dari berat helai rambut. Asupan air yang tidak cukup bisa menyebabkan rambut rapuh dan tipis.

Dengan minum air putih saat perut kosong, kamu bisa memperbaiki kualitas rambut secara maksimal.

 

Air putih yang sederhana ternyata bisa menjadi obat yang sangat bagus untuk mencegah berbagai penyakit. Kamu pun tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Yang paling penting adalah kemauan dalam mengubah gaya hidup ke arah positif.

Dicoba yuk guys!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *