Posted on

Hati-hati! Ada Berjuta Kuman dan Bakteri Berbahaya pada Pakaian Baru

Hati-hati! Ada Berjuta Kuman dan Bakteri Berbahaya pada Pakaian Baru

Bro dan sis, kamu pernah ga sih? Jalan-jalan ke mall lalu masuk ke departemen store. Terus, kamu menemukan pakaian baru, mencobanya di ruang ganti dan ternyata cocok. Lalu pakaian itu tidak dilepas lagi dan kamu langsung menuju ke kasir untuk membayar.

Well, kalau kamu pernah gitu, mulai sekarang jangan dilakukan lagi yah.

Dilansir dari Abcnews, tim Good Morning America bekerjasama dengan Dr. Philip Tierno, direktur mikrobiologi dan imunologi New York University melakukan percobaan pada 14 item yang terdiri dari atasan dan bawahan, yang dibeli dari tiga peritel pakaian ternama.

Dokter Tierno menemukan kehadiran sekresi dari pernapasan dan jamur kulit di item kemeja. Dan kehadiran yang sama ditemukan juga di item jaket, terutama di bagian ketiak dan bagian yang dekat dengan pinggul bagian bawah.

Yang mengejutkan, bahkan gaun sutra menyimpan sejumlah organisme yang biasanya hidup di bagian intim wanita, sejumlah kotoran tubuh, jamur dan kuman. “Transmisi norovirus, virus flu perut dan diare, bakteri Staph (Staphylococcus Aureus) dikenal sebagai MRSA, yang mengganggu pernapasan, bahkan bisa terjadi,” menurut Dokter Tierno.

“Karena kering, baru dan ditempatkan di rak, sebagian besar orang tidak menyadari akan terkena kuman tertentu dan kadang tidak menyadari sudah sekian banyak orang yang mencoba pakaian dan akhirnya melakukan kontak tidak langsung, yang berakibat transmisi dari patogen berbahaya”.

“Solusinya adalah mencoba baju dan celana dengan berpakaian pakaian dalam ataupun segera cuci tangan setiap saat setelah shopping. Cuci pakaian baru Anda atau lakukan satu kali siklus pengeringan panas di mesin cuci atau mesin pengeringan sebelum mengenakannya”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *