Posted on

Mau Tahu Cara Mudah Agar Tubuh Tetap Sehat? Minum Golden Milk!

Mau Tahu Cara Mudah Agar Tubuh Tetap Sehat? Minum Golden Milk!

Di Indonesia, kunyit kebanyakan digunakan sebagai salah satu bahan untuk memasak. Kunyit akhir-akhir ini menjadi minuman yang sedang populer di belahan dunia barat sana. Nama kerennya Golden Milk. Manfaat golden milk dipercaya dapat membantu meredakan peradangan, mendukung kadar kolesterol sehat dan membantu percepatan pemulihan tubuh dari sakit.

Kunyit termasuk dalam jenis keluarga tanaman curcuma atau kurkuma. Kunyit telah lama digunakan oleh bangsa India dalam acara keagamaan dan upacara pernikahan, juga dalam pengobatan ayurvedic.

Pengobatan dengan kunyit terutama digunakan untuk yang mengalami masalah pencernaan, flu biasa, infeksi tenggorokan, masalah hati dan pengobatan luka ringan.

Manfaat kunyit lainnya adalah untuk merendahkan tekanan darah, menjaga kadar kolesterol sehat, memperbaiki masalah kulit, meningkatkan daya tahan tubuh dan mengatur sistem metabolisme tubuh.

Penggunaan kunyit yang dikombinasikan dengan lada hitam, selain meningkatkan rasanya di lidah, juga dapat meningkatkan dan mempercepat absorpsi/penyerapan kunyit ke dalam pembuluh darah, karena lada hitam memiliki kandungan piperine.

Cara membuat minuman susu kunyit/golden milk ini bisa dari kunyit segar maupun yang sudah berbentuk bubuk. Simak caranya di bawah ini, yah:

Susu Kunyit Segar:

Campurkan 1 gelas susu favorit Anda (boleh susu yang terbuat dari beras, susu soya/susu kedelai, susu almond atau susu bebas lemak) dengan 1/2 sendok teh kunyit parut, 1/4 sendok teh kayu manis dan secubit lada hitam halus.

Jerang di atas api dan tunggulah sampai 1-2 menit. Matikan api, lalu disaring. Tunggu sampai panasnya reda, dan golden milk hangat kamu bisa langsung dinikmati.

Susu Kunyit Bubuk:

Takaran ini dibuat untuk disimpan dan dijadikan minuman sewaktu-waktu.

Campur rata 1 gelas kunyit bubuk, 1/2 gelas bubuk kayu manis dan 2 sendok teh lada hitam halus ke dalam kotak kontainer.

Untuk membuat minuman, masukkan campuran diatas sebanyak 1 sendok makan ke dalam 1 gelas susu panas. kamu juga boleh menambahkan jahe atau madu untuk memperkaya rasa.

Nah, pembuatan golden milk sangat gampang bukan? Silakan dicoba ya guys.

Tapi perlu diingat, pengonsumsian susu kunyit harus dikonsultasikan ke dokter apabila kamu sedang hamil, sedang mengalami sakit berkepanjangan atau sedang dalam pengawasan dokter, yah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *