Posted on

Pengenalan Diri Melalui Interpretasi Mimpi Anda Menurut Pandangan Psikiater

Pengenalan Diri Melalui Interpretasi Mimpi Anda Menurut Pandangan Psikiater

Kita semua pernah bermimpi dalam tidur. Kegiatan tidur yang dilakukan manusia dapat membantu fungsi otak untuk menyimpan jutaan informasi dan emosi yang diakumulasi sewaktu sadar setiap hari. Selagi tidur, otak memilah dan membuang informasi yang tidak diperlukan ke area khusus. Para peneliti berspekulasi bahwa mimpi-lah yang bertindak sebagai ‘tool’ dalam kegiatan memilah informasi ini.

Mimpi terjadi sewaktu kita memasuki tahapan Rapid Eye Movement (REM) yang terjadi menjelang fase bangun tidur. Juga dapat terjadi pada tahapan lain, yaitu di tahap awalan tidur/Slow Wave Sleep. Kebanyakan mimpi yang dilaporkan dalam studi, terjadi pada tahapan REM ini.

Dengan mengenyampingkan arti mimpi menurut kebanyakan masyarakat dari belahan dunia Timur, terdapat interpretasi dari macam-macam mimpi menurut pandangan psikiater dari belahan dunia Barat. Menurut psikiater, mimpi dapat membantu kita mengenali diri kita sendiri dan dengan pengenalan diri tersebut, kita diharapkan dapat memperbaiki kekurangan yang ada pada diri kita.

Yuk cari tahu arti mimpi di bawah ini menurut pandangan psikiater yang mungkin saja dapat membantu teman-teman menjadi insan yang lebih baik lagi:

1. Tentang Kesehatan

Kehadiran sebuah mobil dalam mimpi Anda sebenarnya berhubungan dengan kesehatan Anda. Dalam kenyataannya, mobil adalah kendaraan yang dapat membantu perpindahan raga kita dari tempat yang satu ke tempat yang lain.

Ingat-ingat penampilan mobil di dalam mimpi Anda. Apakah sudah usang, masih baru atau dalam keadaan rusak? Apakah sedang parkir di sebuah tempat yang aman? Tempat parkir mengisyaratkan tempat untuk mengistirahatkan mobil Anda. Jadi artinya, Anda memerlukan waktu untuk relaksasi.

Jika bermimpi sedang mengendarai mobil, artinya Anda sedang dalam kontrol penuh atas diri Anda sendiri. Jika mimpi sedang mengendarai mobil, namun tidak terkontrol, ya berarti sebaliknya, Anda sedang dalam keadaan tidak dapat mengendalikan diri Anda.

2. Tentang Prioritas Perhatian

Bermimpi sedang berkegiatan di suatu tempat, lalu secara cepat berpindah ke tempat lain dan melakukan kegiatan yang sangat berbeda dari tempat yang pertama. Ini bisa dikaitkan dengan prioritas perhatian yang perlu diselesaikan. Coba kembali diingat-ingat, kegiatan apa saja yang belum selesai dan memerlukan perhatian lebih sebelum mengalami mimpi tersebut.

3. Tentang Keadaan Pikiran

Bermimpi spesifik tentang lingkungan dapat diinterpretasikan sebagai pemusatan pikiran tentang tempat tersebut. Mimpi tentang tempat kerja, berarti pikiran kita sedang pada tempat kerja tersebut. Bermimpi tentang sekolah, berarti pikiran kita sedang memfokuskan pada pelajaran hidup yang ingin dan akan dipetik. Bermimpi tentang rumah masa kecil, dapat diinterpretasikan sebagai jalan pikiran kita yang nyaman, sudah usang atau sudah kadaluarsa.

4. Tentang Imajinasi dan Kreativitas

Mimpi terkadang dapat bersumber dari imajinasi yang belum terselesaikan dan berbuah pada kreativitas. Seperti penulis novel terkenal bernama Mary Shelley yang mendapatkan karakter ‘Frankenstein’ dalam mimpi-nya sewaktu berlibur.

5. Tentang Pengontrolan Kebiasaan

Dalam mimpi, kebiasaan kita disimbolkan dalam bentuk binatang. Ini dikarenakan, sifat binatang yang punya insting dan memiliki kebiasaaan tertentu. Bisa saja kebiasaan kita ada yang bersifat adiktif -dan dilakukan teratur dan berulang-ulang, yang apabila tidak dilakukan, akan dianggap salah oleh pikiran bawah sadar kita. Bermimpi binatang yang mengejar kita? Berarti kita sedang menghindar dari kebiasaan tertentu. Coba diingat-ingat, apakah karena malam sebelumnya kita melupakan ritual gosok gigi yang biasanya dilakoni setiap malam? Atau kemarin malam melewati jalur pulang menuju rumah yang tidak seperti biasanya?

6. Tentang Cara Berekspresi

Pakaian melambangkan ekspresi personal. Bermimpi berpakaian kerja berarti Anda siap untuk terjun ke bisnis. Bermimpi berpakaian seperti seorang yogi , berarti Anda sedang dalam keadaan relaks. Bermimpi telanjang, berarti Anda sedang menunjukkan jati diri asli Anda. Jika bermimpi sedang berusaha menutupi diri Anda yang sedang telanjang, berarti Anda sedang dalam keadaan rentan dan mudah merasa terkecam.

7.Tentang Perubahan Diri

Bermimpi tentang seseorang yang meninggal dalam mimpi kita, artinya ada bagian dari kita yang sedang berubah. Kematian adalah tahapan kejadian yang baru. Artinya, apakah perubahan dalam kehidupan kita di waktu sekarang ini dirasa perlu atau bahkan harus dilakukan untuk menuju arah yang lebih baik?

8. Tentang Hubungan Dengan Diri Sendiri
Kehadiran sosok gender yang berbeda memberi pandangan tentang keterlibatan bagian dari kita sendiri. Sosok yang sama gender-nya dengan kita mewakili pikiran kita sewaktu sadar. Sosok yang berlawanan gender dengan kita, mewakili pikiran bawah sadar dan bagian dalam diri kita.

Bermimpi sedang berbicara dengan seseorang di telepon, artinya terdapat komunikasi sehat dengan diri sendiri. Jika terdapat perasaan dekat, berarti kita terhubung dengan diri sendiri dan siap untuk menghasilkan sesuatu.

Jika bermimpi sedang berselisih dengan orang tak dikenal, berarti kita harus refleksi diri. Apakah ada konflik yang sedang ingin dihindari?

Kesimpulannya, setiap mengalami mimpi, kita sedang mulai terhubung dengan bagian dari diri kita sendiri. Dengan rekaman informasi yang dikumpulkan dalam 24-48 jam sebelum kegiatan tidur dilakukan, semua insan yang akan mengalami mimpi, akan terus belajar untuk mengerti diri sendiri berikut dengan mimpi-mimpinya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *