Posted on

Tanda-tanda Permasalahan pada Ginjal yang Perlu Atensi Lebih

Tanda-tanda Permasalahan pada Ginjal yang Perlu Atensi Lebih

Sepasang organ yang terletak di bagian belakang perut, berukuran 10-12.5cm sebesar sekepalan tangan ini bertugas menyaring darah, membuang kotoran dan menyeimbangkan cairan tubuh.

Selain menyaring darah, ginjal memproduksi urine/air seni, menyimpannya dalam saluran kencing berbentuk corong, yang meneruskannya ke kandung kemih.

Perhatikan tanda-tanda di bawah ini, jika:

1. Terdapat kelainan pada air seni daripada biasanya

Apakah itu terdapat jejak darah, warna yang lebih gelap dari biasanya atau air seni lebih berbusa

2. Frekuensi bolak balik ke kamar kecil

Seringnya mengunjungi bilik kecil juga harus dibarengi dengan perhatian jumlah air seni yang dikeluarkan. Apakah lebih banyak dari biasanya? Sebagian orang mengalami panggilan palsu untuk mengeluarkan air seni yang jumlahnya sedikit-sedikit namun sering.

3. Mual dan muntah

Berkumpulnya toksin atau zat racun dalam tubuh dapat mebgakibatkan perasaan mual dan keinginan muntah. Mual bahkan bermuara pada kehilangan nafsu makan dan pengurangan berat makan.

4. Terdapat Ruam dan gatal-gatal

Karena ketidakteraturan sirkulasi nutrisi dan mineral, dampaknya ke kulit. Pengidap ginjal bermasalah biasanya memiliki ruam dan gatal-gatal di kulit.

5. Merasakan logam di mulut

Ginjal bermasalah mengaktifkan indra pengecap rasa logam di mulut atau pun napas bau, sebagai akibat berkumpulkan zat racun dalam pembuluh darah

6. Pembengkakan di pergelangan kaki, tungkai, telapak kaki dan wajah

Ginjal bertugas membuang kelebihan cairan tubuh. Dan apabila bermasalah, cairan tubuh akan berkumpul di area tersebut di atas

7. Kelelahan berat

Karena tidak berfungsi sempurna, penderita masalah ginjal dapat mengalami anemia akut, yang memicu kelelahan berat, kedinginan, pusing dan sesak napas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *