Posted on Leave a comment

10 Macam Pemanis Alami Ini Cocok Buat Kamu Yang Ingin Menghindari Konsumsi Gula

10 Macam Pemanis Alami Ini Cocok Buat Kamu Yang Ingin Menghindari Konsumsi Gula

Kita semua pasti tahu bahwa konsumsi gula secara berlebihan itu berbahaya karena bisa menyebabkan diabetes. Terus, gimana dong? Ada pengganti gula ga, nih? Nih, saya kasih clue yah. Ayo ikuti runutan referensi penolong kita berikut ini:

1. Kayu Manis

Selain sebagai bahan masakan, kayu manis bisa menggantikan gula dalam minuman kopi guys di pagi hari. lho. Kayu manis itu tidak berkalori dan dapat menstabilkan kadar gula darah. Tentu saja ini kabar baik bagi guys yang sedang ingin menghindari konsumsi gula atau penderita penyakit diabetes. Jadi ada variasi nih minumannya.

2. Vanila

Mengutip dari pernyataan Rebecca Lewis, seorang ahli diet dari HelloFresh, vanilla tidak akan menaikkan kadar gula darah secara tiba-tiba, hal di mana terjadi sebaliknya pada gula putih. Sebagai perbandingan, vanilla dipanen utuh dari bentuk benih jenis tanaman yang serumpun dengan anggrek. Tidak seperti gula putih, vanilla tidak mengalami proses produksi rafinasi yang seringkali terpapar bahan kimia. “Vanilla sendiri sudah mengandung wewangian khas yang berkesan manis. Sering dipakai dalam membuat bahan penganan seperti kue, walaupun sebenarnya rasanya sendiri tidak manis,” tutur Lewis. Vanilla dapat digunakan untuk memberi rasa pada smoothies, kopi, yogurt tanpa perisa dan sereal. Memiliki komposisi ‘vanillin’, hasil penelitian menunjukkan potensi vanilla dalam memulihkan sel yang sedang berperang melawan penyakit kanker.

3. Blueberry Liar

Selain kandungan anti oksidan-nya, blueberry liar dapat menjadi alternati pemanis alami untuk yogurt tanpa perisa kita, topping untuk roti bakar dan bahkan kue dadar. Blueberry liar memiliki kandungan gula yang lebih sedikit dari pisang. Cara mengkonsumsinya adalah dengan melumatkan buah memakai blender. Hasil blender buah berry ini langsung bisa dituang ke atas yogurt, roti dan kue dadar kita sebagai pengganti maple syrup yang lebih manis itu. Sisa hasil blenderan boleh dibekukan untuk digunakan kemudian. Boleh dibikin es lilin lagi nih!

4. Bubuk Coklat

Nah, siapa yang notice nih kalau di gerai franchise toko kopi terkemuka tersedia botol kecil berisi bubuk coklat? Ternyata, ini untuk memberi rasa pada minuman kopi. Dari pada langsung menambahkan gula cair atau coklat chips ke dalam minuman kopi, cobain deh taburan bubuk coklat. Sebagai perbandingan, menurut Monica Auslander, pendiri Essence Nutrition, “1 gelas gula seberat 200 gram mengandung 773 kalori, sedangkan bubuk coklat dengan berat sama hanya mengandung 196 kalori.”

5. Anggur

Banyak yang salah kaprah bahwa buah yang manis kandungan gulanya pasti tinggi dan malah menghindarinya. Pastinya berbeda dong kalau dibandingkan dengan gula biasa. Nah, ternyata tiap buah anggur rata-rata hanya mengandung tiga kalori. Anggur juga kaya serat dan dipercaya memiliki anti oksidan yang dapat melindungi tubuh dari risiko seperti penyakit jantung dan kanker.

6. Sirup Malt Barley

Alternatif berikut yaitu sirup malt barley, walaupun kalorinya tidak rendah, namun tidak memicu kenaikan gula darah. Sirup malt barley dihasilkan dari jenis tanaman gandum, dan kaya akan vitamin, mineral dan anti oksidan. Menurut Lewis, “Perbedaan gula dan sirup malt barley, selain proses panen dan rafinasi, juga terdapat pada respon tubuh manusia terhadap pengonsumsian kedua jenis pemanis tersebut.” Dengan rasa manis yang ringan namun memiliki wewangian yang menonjol, sirup malt barley berfungsi dengan baik sebagai salah satu bahan tambahan untuk membuat roti. Namun, pemakaian gula jangan sepenuhnya digantikan sirup malt barley. Boleh memakai perbandingan 50-75%. Yaitu pemakaian resep 1 gelas gula putih, boleh digantikan 1/2 ~ 3/4 gelas sirup malt barley.

7. Sirup Maple Murni

Sirup maple murni dapat mencegah masalah kesehatan seperti diabetes, kanker dan memperkuat fungsi hati. Sirup maple murni dapat difungsikan sebagai pengganti madu, molase dan sirup jagung. Pemakaian sirup maple murni juga dapat ditambahkan pada kopi, teh, marinasi bahan makanan untuk masakan ataupun sebagai salad dressing oil. Dengan catatan yah, sirup maple murni yang tidak mengandung gula, tidak mengandung perasa buatan maupun pengawet buatan.

Karena kandungan kalorinya lebih besar dari gula granulasi, gunakan dengan perbandingan 2/3 bagian dari ukuran penggunaan gula biasa. Misalnya kalau biasanya memakai takaran 1 gelas gula, kita boleh hanya menggunakan 2/3 gelas sirup maple murni.

8. Buah Prem/Prunes

Kandungan gula dalam buah prem/prunes adalah tanpa refinasi dan kaya akan serat dan zat besi. Jika kita memakai buah prem untuk resep kue dan roti, buah prem ini dapat memecah gula, menambah kelembaban dan menghasilkan tekstur yang bagus pada bahan kue dan roti. Gunakan perbandingan 1/2 gelas buah prem untuk menggantikan satu gelas gula untuk resep seperti kue pai, muffins dan energy bar.

9. Kurma

Penggunaannya sederhana, guys. Masukkin saja ke dalam blender setelah dibuang bijinya, sari kurma telah tesedia untuk meggantikan gula dan madu. Empat buah kurma mengandung 7 gram serat dan juga mengandung magnesium, potassium, mangan dan zat tembaga. Menurut Linzy Ziegelbaum dari LNZ Nutrition, “Kurma sangatlah sempurna untuk resep kue yang menggantikan gula. Karena sifatnya yang lengket, kurma dapat mengikat bahan pembuat kue dan roti lainnya dengan baik.”

10. Pisang Matang

Dalam takaran 1/2 gelas pisang matang lumat terdapat 25% kalori yang setara dengan 1/2 gelas gula putih. Menggunakan pisang matang dalam menggantikan gula rafinasi dapat meningkatkan kadar nutrisi dalam sebuah resep masakan. Karena pisang matang mengandung serat fiber, vitamin, mineral, potassium yang dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi.

Pisang matang lumat dapat digunakan dalam pembuatan kue pisang, topping untuk pancake, oatmel dan yogurt tanpa perisa.

Nah, guys boleh dicatat nih macam-macam pemanis alami tadi untuk memaniskan aneka sarapan, minuman atau kudapan favorit Anda. Ayo hidup sehat dan bahagia. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *