Posted on Leave a comment

Bagi Yang Sering Tidur Dengan Lampu Padam, Ini Bahaya Yang Harus Kamu Ketahui!

Bagi Yang Sering Tidur Dengan Lampu Padam, Ini Bahaya Yang Harus Kamu Ketahui!

Sudah menjadi kebiasaan banyak orang untuk tidur dengan lampu padam atau dimatikan. Tidur dengan lampu padam memang memberikan kesan yang berbeda untuk setiap orang dari pada harus tidur dengan lampu yang menyala. Terlebih untuk soal kenyamanan pada saat tidur, lampu yang terang akan membuat mata menjadi lebih silau dan pada akhirnya akan membuat orang sulit untuk memejamkan mata.

Nah lantas adakah efeknya bagi kita jika tidur dengan menggunakan lampu padam? Banyak dari kita yang tidak menyadari kalau tidur dengan lampu padam ternyata bisa memberikan efek negatif.

Berikut beberapa efek negatif yang bisa timbul jika kamu tidur dengan lampu padam.

1. Memiliki dampak pada lansia

Yang pertama bagi orang yang suka tidur dengan mematikan lampu akan mendapatkan gangguan psikologis, terlebih untuk para orang yang sudah lanjut usia (lansia).

Perubahan hormon yang terjadi pada orang tua lanjut usia dapat menyebabkan makin menurunnya waktu tidur atau makin susah tidur. Biasanya para lansia ini cenderung terbangun di tengah malam. Efek psikologis yang diakibatkan bisa berupa kaget atau bingung pada saat terbangun di tengah malam karena ruangan yang gelap.

Selain itu, gangguan penglihatan yang umum terjadi pada lansia tentu saja akan lebih mengganggu jarak pandang dalam kondisi suasana ruangan yang gelap. Bagaimana jika para lansia ini perlu ke kamar mandi pada malam hari? Berbahaya bukan?

2. Menimbulkan rasa takut pada anak-anak

Usia yang masih dini pada anak-anak, pada umumnya memiliki kecenderungan takut pada suasana gelap, apalagi pada malam hari. Suasana gelap ini membuat anak-anak tidak bisa melihat sekelilingnya dengan jelas.

Efek yang bisa terjadi adalah, anak-anak menangis saat terbangun di tengah malam. Yang paling dikuatirkan adalah efek psikologis yang timbul terutama pada anak kecil yang belum bisa ngomong, sedangkan orang tua tidak mengerti bahwa si anak memiliki rasa takut gelap.

3. Tidak bagus untuk para penderita phobia (fobia)

Yang kedua bahaya tidur dengan lampu dimatikan adalah bisa membuat rasa takut dan cemas pada saat bangun di tengah malam, khususnya untuk para penderita phobia.

Penyakit atau sindrom phobia ini pada dasarnya membuat penderitanya memiliki sifat tidak menyukai sesuatu yang mengancam hidupnya. Ketakutan yang muncul bisa berbentuk fobia pada hantu, fobia kegelapan dan lain-lainnya.

4. Melemahkan Jantung

Yang paling berbahaya tidur dengan kondisi lampu mati adalah melemahkan jantung kita, ada banyak orang memilih tidur dengan kondisi lampu mati karena tidak membuat mata menjadi silau, namun justru tidur dengan lampu mati secara di paksakan akan membuat ritme jantung berdetak lebih kencang.

Jika keadaan ini berlangsung terus menerus dalam waktu yang cepat, bisa mengakibatkan kondisi yang kurang baik, yaitu bisa memicu ritme atau detak jantung yang semakin cepat, bisa juga terjadi kecemasan dan kebingungan pada saat bangun tidur, terutama di tengah malam.

5. Memicu rasa malas untuk bangun lebih awal

Efek berikutnya yang bisa timbul yaitu memicu rasa malas untuk bagun pagi lebih awal, karena kondisi lampu yang padam menggambarkan suasana gelap sesuai dengan suasana pada malam hari. Jadi wajar saja jika orang-orang yang tidur dengan kondisi lampu mati akan malas untuk bangun lebih awal.

Salah satu akibat yang bisa timbul, misalnya meningkatkan risiko kolestrol tinggi karena semakin lama waktu tidur, tubuh tidak akan melakukan metabolisme yang berguna untuk pembakaran lemak.

Itulah beberapa efek dan bahaya tidur dengan kondisi lampu padam. Jika kamu menyukai tidur dengan lampu padam, ada baiknya untuk mulai tinggalkan kebiasaan tersebut.

Daripada memadamkan lampu sama sekali, lebih baik ganti kebiasaanmu dengan memasang lampu yang redup agar suasana ruangan kamar tidur tetap terlihat. Khusus untuk orang tua yang sudah lanjut usia, pemakaian lampu redup akan jauh lebih aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *