Posted on Leave a comment

Ini Bahaya Kopi Bagi Kesehatan Jika Diminum Terlalu Berlebihan

Ini Bahaya Kopi Bagi Kesehatan Jika Diminum Terlalu Berlebihan

Bagi kebanyakan orang minum kopi merupakan kebiasaan yang sudah sejak lama dilakukan. Jika satu hari saja tidak minum kopi kadang membuat otak malas untuk berpikir atau tidak semangat untuk bekerja.

Ada banyak jenis kopi yang dijual di pasar maupun di cafe. Ada banyak juga campuran yang digunakan didalam kopi agar mempunyai aroma yang kuat dan untuk meningkatkan kadar kafein.

Tujuan utama kita minum kopi, biasanya untuk menghilangkan rasa kantuk yang tersisa di pagi hari, atau mengurangi ngantuk apabila kita masih belum memungkinkan untuk tidur, misalnya masih ada kerjaan atau lembur.

Tetapi, semakin menggantungkan diri dengan kopi dan mengkonsumsi kopi terlalu berlebihan ternyata dampaknya juga tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Secara umum, konsumsi kopi yang berlebihan, dapat menimbulkan:

  • Gangguan pada kinerja jantung
  • Gangguan pada pembuluh darah
  • Gangguan pada sistem pernafasan
  • Peningkatan rangsangan pada saraf pusat otak

Lalu, apa saja akibat dari gangguan yang terjadi pada sistem tubuh seperti diatas? Yuk, kita simak penjelasan di bawah ini.

1. Detak Jantung Tinggi

Zat kafein dalam kopi yang berfungsi sebagai penghilang kantuk, juga dapat meningkatkan detak jantung. Oleh karena itu, konsumsi kopi yang terlalu berlebihan, pada akhirnya bisa menyebabkan penyakit jantung. Apalagi bagi kamu yang sudah memiliki gejala atau penyakit jantung, lebih baik kurangi atau bahkan, hilangkan kebiasaan minum kopi.

2. Insomnia

Memang fungsinya untuk menahan kantuk, tapi lama-kelamaan kopi bisa mengakibatkan penyakit insomnia atau susah tidur, karena kandungan kafein yang terlalu tinggi pada tubuh kita.

3. Sakit pada leher

Bagi orang yang terlalu banyak mengkonsumsi kopi dengan kadar kafein yang tinggi bisa terkena penyakit nyeri pada leher, dikarenakan kandungan kafein yang tinggi sehingga membuat leher menjadi nyeri dan berakibat pada saluran darah yang terhambat. Salah satu jenis penyakit seperti ini bisa mengakibatkan orang mengalami kerusakan pada sistem peredaran darah pada bagian leher.

4. Asam lambung

Jika kamu terbiasa setiap pagi mengkonsumsi kopi sebelum sarapan pagi, maka segeralah kurangi kebiasaan seperti itu. Karena apa? Kopi merupakan salah satu jenis minuman dengan kadar asam yang tinggi sehingga membuat lambung yang belum terisi makanan bisa menjadi iritasi.

Kandungan asam pada lambung kita sudah tinggi di pagi hari. Jika mengkonsumsi kopi sebelum makan pagi, artinya kita menambah zat asam di lambung. Hal ini bisa mengakibatkan lambung lecet dan pada akhirnya kamu bisa mengalami penyakit asam lambung dan juga maag.

5. Hipertensi

Senyawa yang terdapat dalam kopi bisa mengakibatkan tekanan darah semakin meningkat. Lama-kelamaan, hal ini bisa menyebabkan munculnya penyakit darah tinggi atau hipertensi.

6. Kepala menjadi berat

Tidak sedikit orang setelah minum kopi merasakan efek pada bagian kepala mereka. Kafein memang bagus untuk obat anti ngantuk, namun jika berlebihan juga bisa menimbulkan efek negatif yang cukup berbahaya. Efek yang dirasakan yaitu kepala terasa lebih berat pada saat duduk. Kandungan kafein yang tinggi juga akan mempengaruhi kinerja otak sehingga otak sulit sekali diajak untuk berpikir.

7. Perut mual dan kembung

Yang tidak kalah bahaya lagi dari mengkonsumsi kopi secara berlebihan adalah perut menjadi mual-mual dan kemudian kembung. Biasanya kembung akan dirasakan oleh orang-orang pada malam hari ketika menjelang tidur. Kembung ini disebabkan kafein kopi yang mengkambat proses pengeluaran udara atau uap kotor yang ada di sistem pencernaan.

Kopi memang nikmat sebagai teman di pagi hari ataupun sore. Minum kopi sebenarnya oke-oke saja asal masih dalam kadar normal dan tidak berlebihan. Jadi, mulai sekarang aturlah konsumsi kopi kamu agar kondisi tubuh tetap sehat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *