Posted on Leave a comment

Kenali Lebih Dekat ZUMBA, Tarian dari Amerika Selatan dan Manfaatnya Bagi Personal Paruh Baya

Kenali Lebih Dekat ZUMBA, Tarian dari Amerika Selatan dan Manfaatnya Bagi Personal Paruh Baya

Kelas menari Zumba, dengan gerakan sederhana yang lebih menitikberatkan ke gerakan pinggul dan hitungan langkah ini, siapa sangka memicu pembakaran kalori dan lumayan menguras keringat lho, guys.

Menurut Prof. John Porcari dari University of Wisconsin, La Crosse, seorang ahli sains olahraga dan latihan; “Kelas menari Zumba selama 40 menit dapat membakar 370 kalori. Kira-kira sama besar pembakaran kalorinya dengan mengayuh sepeda sejauh 15 mil/jam”.

Studi dari Jamie Cooper, pembantu profesor dari University of Georgia, yang berjudul Kebiasaan Sehat dari Jurnal Amerika, menunjukkan relawan wanita usia paruh baya penyandang diabetes tipe 2 dan kegemukan yang melakukan tarian Zumba tiga kali seminggu dalam 16 minggu – mengalami penurunan berat badan 1.13kg dan penurunan lemak tubuh sebanyak 1%.

Dan yang penting, para relawan ini menikmati kelas tari tersebut dan menunjukkan ke arah menjadikan kegiatan tersebut sebagai kebiasaan hidup. Mereka melakukan aktivitas berteman, bersuka ria dan tidak memandang Zumba sebagai kegiatan olahraga yang berat.

Hampir sama dengan latihan moderat seperti aerobik dan kickboxing, ltarian Zumba mencapai angka 80% untuk jantung dan 60% VO2 max untuk konsumsi oksigen.

Hanya dalam waktu 8 minggu, kualitas hidup relawan wanita meningkat 9% dan kepercayaan diri mereka meningkat 16%, karena perasaan mandiri dan mendapatkan tujuan hidup baru. Menari dapat membantu personal paruh baya mendapatkan keseimbangan tubuh dan koordinasi anggota gerak, sehingga mengurangi risiko jatuh di kemudian hari.

Sudah tau kan manfaat Zumba selain musik latinnya yang menyemangati itu? Siapa sangka tarian ini sebenarnya tidak sengaja ditemukan seorang instruktur tari di Colombia di tahun 1990an. Karena lupa membawa rekaman lagu latihan seperti biasanya, dia menggantikannya dengan album lagu Latin koleksi pribadinya. Mengajak kelasnya menari seolah-olah sedang berpesta, goyangan pinggul yang mengaktifkan pergerakan area perut, kalangan muda maupun tua dapat melakukannya dengan aman. Nah, musik mana musik? Arriba arriba, Andale andale!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *