Posted on Leave a comment

Lagi Demam? 7 Langkah Ini Harus Kamu Lakukan Biar Cepat Sembuh!

Lagi Demam? 7 Langkah Ini Harus Kamu Lakukan Biar Cepat Sembuh!

Dalam keadaan normal, suhu tubuh berkisar antara 36.1°C-37.2°C. Jika lebih, artinya tubuh sedang dalam kondisi demam.

Demam adalah keadaan di mana tubuh mengalami kenaikan suhu/temperatur dari pada biasanya. Demam terjadi karena mekanisme ketahanan tubuh yang sedang melawan serangan bakteri dan kuman di dalam tubuh kita.

Jadi apa yang harus kita lakukan untuk membantu sistem ketahanan tubuh kita dalam melawan bakteri dan kuman? Yuk, kita ikuti tips-tips berikut ini.

1. Stop Aktivitas Di Luar

Kalau yang namanya sedang terserang demam, teman-teman jangan keluyuran lagi yah. Apalagi selain demam, teman-teman juga dihinggapi sakit batuk atau flu. Tutup hidung dan mulut setiap kali bersin atau batuk. Jangan membagi gelas minum yang sama dengan anggota keluarga lain untuk menghindari berpindahnya kuman atau virus. Ingat untuk selalu cuci tangan sehabis dari kamar kecil.

2. Istirahat Yang Banyak

Dengan memperbanyak beristirahat, teman-teman membantu tubuh memerangi kuman. Istirahat dan tidur yang cukup membantu sistem imun tubuh kita memperbaiki diri.

3. Minum Yang Banyak

Karena demam yang menyerang, tubuh mudah dehidrasi. Bantu tubuh dengan asupan cairan. Boleh dengan sajian beragam masakan sup atau kuah, jus buah ataupun teh apabila dirasa tidak berselera dengan air putih.

Tanda-tanda dehidrasi bisa berupa perasaan kering pada mulut, timbulnya rasa haus yang terus menerus, jarang berkemih atau warna urine/air seni yang lebih gelap, perasaan pusing dan kelelahan. Untuk dehidrasi berat, akan membutuhkan bantuan infus cairan di rumah sakit.

4. Tetap Makan

Walaupun tidak berselera untuk makan, paksalah diri untuk tetap menerima asupan makanan. Sedikit lebih baik dari pada tidak sama sekali.

Cobalah sereal, bubur, jus buah atau buah seperti pisang atau roti. Jika mengalami sakit tenggorokan, minumlah yang hangat-hangat seperti teh hangat atau sup ayam hangat yang bergizi.

5. Dinginkan Tubuh

Kompres dengan handuk dingin yang diletakkan di bagian dahi atau leher untuk meredakan panas. Berpakaianlah yang nyaman dengan bahan yang tidak panas.

6. Rajin Cek Suhu Tubuh

Rajin-rajinlah mengecek suhu tubuh. Pengawasan untuk mengetahui apakah ada penurunan atau malah kenaikan suhu sangat diperlukan. Pencatatan suhu tubuh mungkin perlu dilakukan sampai keesokan harinya. Jika masih demam, catatan ini bisa dibawa untuk dikonsultasikan ke dokter.

7. Minum Obat Bebas

Pada orang dewasa, jika temperatur tubuh sudah melebihi 38.9°C, biasanya sudah mulai muncul ketidaknyamanan. Apakah itu berupa sakit kepala, pusing, nyeri sendi, menggigil dan keluar keringat dingin.

Untuk mengatasinya, minumlah obat bebas pereda demam, sakit dan nyeri yang beredar di pasaran. Produk acetaminophen seperti tylenol dan ibuprofen dapat meredakan sementara rasa sakit yang ada.

Namun, penggunaan obat-obatan bebas ini harus diperhatikan oleh pasien dengan masalah hati dan pasien dengan masalah/kerusakan ginjal. Selalu merujuk pada petunjuk pemakaian obat untuk dosis pemakaiannya.

Jika demam tidak mereda, segeralah ke rumah sakit, apalagi sampai timbul salah satu atau kombinasi gejala berikut: sakit kepala kronis, perasaan leher yang kaku atau sakit, muncul ruam pada kulit, rasa sakit pada dada, kesulitan bernapas, muntah dan mual, kelelahan berlebihan, lemah otot, kejang-kejang, sakit perut ketika berkemih, halusinasi dan kehilangan kemampuan indra pendengaran, penglihatan dan perasa.

Penggunaan obat bebas ini sangat tidak disarankan buat anak kecil yah, termasuk jangan pernah memberi aspirin untuk anak kecil. Hal ini untuk mencegah kesalahan penggunaan obat atau kesalahan dosis buat si anak. Jika terjadi demam pada anak kecil, sebaiknya dibawa ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *