Posted on Leave a comment

Waspada Guys! Kebanyakan Tidur Ternyata Bisa Meningkatkan Risiko Terkena Demensia

Waspada Guys! Kebanyakan Tidur Ternyata Bisa Meningkatkan Risiko Terkena Demensia

Teman-teman sudah tau dong kalau kurang tidur bisa berdampak buruk. Nah, di penelitian terbaru, siapa nyana, kebanyakan tidur juga berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuh manusia. Dan ternyata oh ternyata, kita malah bisa meningkatkan risiko terkena Demensia.

Demensia berbeda dengan Alzheimer. Biarpun di Indonesia sama-sama disebut pikun. Demensia adalah kumpulan sindrom yang menunjukkan gangguan kinerja otak seperti kemampuan berpikir dan mengingat, sehingga mengganggu komunikasi dalam berkegiatan sehari-hari. Sedangkan Alzheimer adalah sejenis penyakit yang mengakibatkan kerusakan otak, yang mana kebanyakan sebabnya adalah karena demensia itu sendiri.

Peneliti dari Boston University School of Medicine, menunjukkan data studi yang telah dimulai sejak tahun 1984, melibatkan sebanyak 5.000 orang, dengan rentang usia 30-62 tahun. Para partisipan direkam jumlah jam tidur mereka tiap malam, untuk kemudian diuji coba tes demensia. Dan hasilnya, durasi tidur 9 jam ke atas meningkatkan risiko demensia sebanyak dua kali dalam 10 tahun terakhir.

Catatan yang menarik terdapat pada tingkatan pendidikan partisipan yang terlibat. Partisipan yang tidak menyelesaikan pendidikan tingkat menengah atas memiliki enam kali risiko mengalami dementia dalam rentang waktu 10 tahun.

Wokey deh, mulai sekarang sebarkan info ke teman-teman yah, kalau tidur cukup selama tujuh sampai delapan jam sehari. Kalau sore nya masih mengantuk dan keadaan memungkinkan, boleh lah taking nap alias tidur sore barang sebentar. Ciao!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *